DARIA : “Program Yang dibuat Harus Sinergi dan Terpadu”

Daik, (LP) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2013 Kabupaten Lingga, dibuka Bupati Daria di Aula Kantor Bupati Lingga, Daik, Senin (26/3) dan akan berlangsung hingga Rabu (28/3). Disamping para pimpinan SKPD dan undangan lainnya, turut hadir Kabid Data dan Penelitian Bappeda Pemprov Kepri, Sunipto selaku mewakili Kepala Bappeda Kepri.

Dalam paparannya, Daria menyatakan pembangunan Lingga 2013 harus mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Lingga 2012-2015 serta mempedomani delapan prioritas pembangunan 2013. Menurut dia, untuk pembangunan sektor ekonomi andalan Lingga seperti agromina wisata hendaknya dapat dilakukan lebih fokus dan terencana, dengan melibatkan seluruh SKPD Pemkab Lingga dan sinergitas dengan SKPD Pemprov Kepri, utamanya dari Dinas DKP, Distanbun dan Dinas Pariwisata. Mengingat kondisi strategis dan geografis Lingga. “Program yang dibuat harus sinergis dan terpadu. Diharapkan agar setiap SKPD lebih mempertajam usulan-usulan yang dibuat, baik usulan yang didanai APBD Lingga, APBD Kepri maupun dari APBN,” papar Daria.

Sementara itu, Sunipto mengatakan, alokasi dana APBD Lingga 2012 yang mencapai Rp69,6 miliar naik signifikan dari APBD 2011 yang hanya Rp41 miliar. “Kita harapkan Lingga dapat mengusulkan kegiatan lainnya, mengingat Pemprov Kepri mempunyai kawasan yang dianggap strategis di Lingga, yakni kawasan agropolitan,” ujarnya.

Berkenaan dengan pembangunan untuk Pulat Berhala, Kecamatan Singkep dan Pulau Pekajang, Kecamatan Lingga, menurut Daria sebaiknya harus ada kesepakatan bersama antara Pemkab Linha dengan Pemprov Kepri. “Harus ada kesepakatan bersama untuk membangun kedua wilayah tersebut (Pulau Berhala dan Pulau Pekajang) tahun 2013 antara Lingga dan Pemprov Kepri,” ujar Daria. (syk)

Kategori: LINGGA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.