RUSIA INGIN BELAJAR TENTANG ISLAM DI INDONESIA

Jakarta, (LP) – Ketua Bidang Mufti Rusia, Syeikh Mufti Ravil Gaynutdin memberi ucapan selamat kepada Duta Besar (Dubes) RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun bertamu atas tugas baru sebagai Dubes di Federasi Rusia. Djauhari bertemu dengan Mufti di Moskow (27/3). Dalam pertemuan tersebut dia memberikan penghargbn dan terima kasih kepada KBRI Moskox atas berbagai kerjasama bilateral yang telah direalisasikan.

Indonesia dan Rusia menjalin hubungan bilateral seperti dialog, konferensi, saling kunjung, pameran, pemberian bea siswa pemerintah Indonesia kepada mahasiswa Muslim Rusia. Lebih lanjut Mufti minta kepada Dubes RI untuk terus melanjutkan kerjasama pendidikan . Indonesia merupakan salah satu tempat terbaik bagi anak muda Islan Rusia menuntut ilmu pengetahuan keislaman.

Latar belakang pluralisme yang sama antar kedua negara menjadikan mahasiswa Islam Rusia mampu mengabdi kepada masyarakatnya dengan baik, sekaligus menjadi jambatan persahabatan kedua negara. “Lebih khusus saya mohon pemerintah Indonesia dapat memberikan pembekalan ilmu pengetahuan keislaman bagi para Imam Masjid Rusia. Bahkan dapat mengirimkan para dosennya untuk mengajar di Universitas Islan Rusia yang masih relatif muda usia,” ujar Mufti, seperti dalam press release Kemenlu, Kamis (29/3). Dubes RI di Moskow menyampaikan bahwa Indonesia dan Rusia sama-sama berperan penting baik ditingkat regional, maupun internasional termasuk dalam kerangka dunia Islam. Berbagai kerjasana kedua negara dapat ditingkatkan utamanya bidang pendidikan. Dubes Keliling Federasi Rusia untuk negara-negara Islam, Konstantin Shuvalov, juga memberikan apresiasinya yang tinggi dan kerjasam bidang keagamaan kedua negara.

Indonesia juga siap memfasilitasi berbagai program keagamaan untuk mengisi TV Islam “Al-RTV” yang akan diluncurkan pada 19 Agustus 2012 di Moskow. Kerjasama ini bisa dilakukan di berbagai stasiun TV di Indonesia dengan menyediakan copy siaran yang bernafaskan Islam untuk disiarkan di Rusia.

Mengakhiri pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk merencanakan ‘interfaith dialogue’ di Rusia, keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan Muslimah se- Rusia dan International Halak Expo tahun 2012 di Moskow. (bro,sn)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: