SERAGAM PNS, PTT dan HONORER PEMKAB LINGGA HARUS BEDA

ilustrasi : Pakaian Dinas Harian PNS

ilustrasi : Pakaian Dinas Harian PNS

Daik (LP) – Untuk lebih meningkatkan disiplin dan pengawasan internal terhadap kinerja para PNS, PTT dan Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga perlu terus ditingkatkan. Dalam hal ini termasuk dengan kelengkapan seragam atau pakaian dinas masing-masing abdi masyarakat tersebut sehari-hari, terutama saat dalam menjalankan tugas.

Ketua Komisi I (bidang hukum dan pemerintahan) DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho mengatakan, hendaknya Pemkab Lingga dapat memberikan perbedaan antara pegawai yang sudah berstatus PNS dengan yang PTT atau honorer. “Ini utamanya untuk memudahkan pengawasan dan atau peningkatan motivasi kerja kepada seluruh pegawai di jajaran Pemkab Lingga,” ujar Rudi.

Menurutnya, dari hasil monitoring yang selalu dilakukan secara berkala, termasuk sidak yang dilakukan ke dinas-dinas (SKPD) nampak jelas adanya tumpang tindih antara ketiga status tersebut. Ini tentu sangat menyulitkan juga bagi masyarakat untuk mengurus segala sesuatu atau penyelesaian administrasi di instansi-instansi terkait. Mereka sulit membedakan dalam hak mengurus surat menyurat yang perlu segera rekomendasinya. Belum lagi adanya tindakan tak terpuji dari oknum PTT yang justru memanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Hal ini berdampak negatif untuk menciptakan adanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Kita sudah bertemu Bupati dan Sekda dan memberikan masukan, agar Pemkab dapat menertibkan PNS, PTT dan honorer kantor, dengan membuat pakaian seragam masing-masing. Sehingg nantinya dapat mengawasi kinerja para PNS umumnya. Apalagi jika mereka sedang berada di ruang publik (tempat umun,red) pada saat jam kerja,” ujar Rudi.

Dicontohkan Rudi, seperti di daerah-daerah lain penerapan perbedaan pakaian seragam (dinas) bagi masing-masing PNS, PTT ataupun honorer telah dilakukan dan berhasil dengan baik. “Seperti contohnya yang kami lihat di Kabupaten Rokan Hulu dan beberapa daerah lainnya, termasuk di Kota Batam sendiri, telah lama berjalan,” kata Rudi.

Senada dikatakan pengurus LSM Cinta Anak Negeri, Kabupaten Lingga Selamat Riyadi. “Bukan berarti untuk menciptakan perbedaan kelas atau strata kepegawaian antara PNS dan pegawai lainya, tetapi ini memang sangat perlu untuk adanya tanggung jawab, motivasi dan juga peningkatan kinerja dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya. (arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: seragam Pns, baju pns, contoh baju PTT, seragam ptt kesehatan, baju honorer