RBM KE 3 TAHUN 2012 DI TANJUNGPINANG 24-25 MEI 2012

Tanjungpinang (LINGGA POS) – Perhelatan empat tahunan, Revitalisasi Budaya Melayu (RBM) ke 3 Tahun 2012, direncanakan berlangsung pada 24-25 Mei 2012 di Kota Tanjungpinang, Kepri. Dengan demikian, Tanjungpinang merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunya perhatian yang besar terhadap kebudayaan.

Diakui Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, bahwa suatu bangsa harus mempunyai jati diri yang termanivestasikan dalam kebudayaan. Karena jika tidak maka akan terlarut dalam arus globalisasi dan budaya asing yang kini luar biasa merasuk ke dalam segala sisi kehidupan. Sehingga diperlukan solusi untuk mempertahankan jati diri bagaimana menjaga budaya asli itu sendiri.

Dikatakan Tatik, sapaan akrab Suryatati A Manan, bahwa bukan berarti sektor lainya diabaikan, tetapi justru harus dibangun bersinergi dan seirama. Apalagi mengingat salah satu misi dan visi “kota gurindam”. ” Saya berharap, RBM ke 3, yang merupakan agenda empat tahunan dan sudah dimulai 2004, kali ini dapat terselenggara dengan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Tatik saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan RMM ke 3.

Direncanakan penyelenggaraan RBM ke 3 akan dilakukan dengan berbagai kegiatan dan tempat (lokasi) yang berbeda. Seperti ‘welcome party’ untuk menyambut tamu peserta seminar Tradisi Lisan dan RBM yang akan dilangsungkan di Hotel Aston, Tanjungpinang, pada 23 Mei, dan pembukaan RBM 24 Mei, di mana nantinya juga akan dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, yang berlangsung di Taman Budaya Raja Ali Haji, Senggarang.

Kegiatan lainnya seperti Pentas Seni di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Anjung Cahaya, Gedung Aisyah Sulaiman, dan kawasan Bintan Centre. Termasuk berbagai permainan rakyat seperti lomba Layang-layang, Lomba Gasing di Pamedan, Festival Tradisi Bahari di Pulau Penyengat, Pameran Museum yang dipusatkan di Gedung Museum Sultan Badrul Alamsyah yang diikuti Galeri Nasional, BP3 Batusangkar, Museum Johor, Museum Malaka, Museum SSBA, dan workshop para pelajar dari Galeri Nasional.

Tak kalah menariknya juga dalam kegiatan ini dimeriahkan dengan penyelenggaraan Festival Kuliner Melayu, dengan menampilkan berbagai macam masakan dan makanae khas Melayu. Sementara, penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan RBM ke 3 dilaksanakan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang. (rasn,dk.com)

Kategori: KEPRI Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: