SEPANJANG TAHUN JUMLAH UKM KEPRI MENINGKAT

Tanjungpinang, (LINGGA POS) – Sepanjang tahun, pertumbuhan jumlah Usaha Kecik Menengah (UKM) di Kepri terus meningkat. Hal tersebut diungkapkan Kadis Koperasi dan UKM, Provinsi Kepri Amir Faisal pada pembukaan Kepri Fair, Kamis lalu.

Kata dia, selama 2011, terjadi peningkatan sebanyak 6,9 persen, sehingga jumlah UKM tersebut mencapai 61.771 pada 2010 atau naik signifikan menjadi 66.090 UKM dengan catatan seluruhnya dalam kondisi berjalan aktif.

Keberhasilan itu tak lepas dari adanya event-event seperti kegiatan pariwisata maupun pengenalan produk-produk ‘home industry’ yang digelar secara rutin. Kepri Fair, salah satunya yang ikut memberikan konstribusi. Kepri Fair 2012 akan berlangsung hingga besok (20/5). Event kali ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta, di mana 5 peserta tersebut, berasal dari luar Kepri seperti dari Provinsi Maluku Utara, Minahasa, Jakarta Timur dan Kalimantan Barat.

Dijelaskan Amir, tujuan Kepri Fair adalah sebagai ajang promosi, utamanya untuk produksi-produksi dari para pengrajin UKM. Karena dinilai telah dapat berkembang dengan baik dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya partisipan baik dari bidang kuliner, kerajinan dan sebagainya. “Kita juga memberikan apresiasi, karena setiap wilayah yang ikut dalam Kepri Fair 2012 ini juga telah memperkenalkan produk-produk khas dari daerahnya masing-masing,” kata Amir. (rasn,tn.c)

Kategori: KEPRI Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: