HASIL RETRIBUSI LOKASI WISATA LINGGA

Daik (LINGGA POS) – Hasil dari retribusi (pungutan uang masuk) di kawasan-kawasan wisata di Kabupaten Lingga hingga Juni 2012, mencapai Rp26,4 juta. Jumlah itu mendekati target yang dipatok Pemkab Lingga sebesar Rp30 juta. Sementara tahun-tahun sebelumnya dari hasil retribusi tersebut menyentuh angka Rp21 juta saja dari rata-rata penerimaannya dalam satu tahun.

Retribusi Wisata Pantai Batu Berdaun

Pantai Batu Berdaun (keprifoto.com)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga, Junaidi Adjam melalui staf Distinasi Kawasan Wisata, M. Shaleh mengatakan, adapun kawasan wisata yang dipungut retribusinya tersebut adalah daerah wisata atau lokasi Lubuk Papan, Pulau Penaah, Pulau Benan, Air Panas dan Batu Ampar. Sedangkan besaran target yang telah ditetapkan pihak Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Kabupaten Lingga, dari retribusi tersebut selama 2012 yakni sekitar Rp30 juta. “Sampai akhir Juni ini, retribusi khusus lokasi wisata mencapai Rp26 juta lebih,” kata Shaleh.

Hasil terbanyak diterima dari lokasi wisata Lubuk Papan di Daik Lingga, yang memang menjadi lokasi favorit dari pengunjung lokal dan mancanegara saat ini. “Jumlah retribusi yang dikumpulkan itu hanya dari kawasan wisata saja, sedangkan dari sektor lain seperti penginapan dan hotel, dan rumah makan dan restoran belum termasuk didalamnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, khusus untuk retribusi lokasi wisata di Pemandian Air Panas, Batu Ampar, keduanya berada di Kecamatan Singkep, sejak akhir Mei sebelumnya dipungut langsung oleh pihak DP2KAdan saat ini langsung ditransfer ke rekening PAD Lingga atau tidak melalui DP2KA lagi. Sebenarnya, masih banyak kawasan wisata yang cukup potensial untuk dikembangkan agar lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung seperi Pulau Berhala, Pantai Batu Berdaun, Air Terjun Bedegam, Pantai Indah Nusantara, Gunung Muncung dan daerah lainya yang ada di wilayah Lingga.

Diakuinya, ke depan di daerah lokasi wisata tersebut akan lebih dipercantik dengan sarana dan prasarana penunjang seperti tempat shalat dan sebagainya. “Rata-rata perminggunya kita dapat mengumpulkan dari retribusinya sekitar Rp500 ribu yang langsung kita storkan ke rekening PAD Lingga,” pungkasnya. (syk,hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.