2013 KEPRI PERLU 1.000 CPNS

Batam, (LINGGA POS) – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar meminta Pemprov Kepri mengusulkan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013. Hal ini disampaikan Azwar sempena kunjungannya ke Batam kemarin. “Kami akan minta daerah atau lembaga negara mengusulkan. Termasuk tentunya dari Kepri, silahkan mengusulkan jumlah kebutuhan CPNS untuk tahun depan,” ujar Azwar di Hotel Planet Hollyday, Batam, kemarin. Dia melanjutkan, “Tapi harus dianalisa. Tidak lebih dari 50 persen dari belanja pegawai di APBD. Jika tidak, usulan CPNS-nya ditolak,” tegasnya mengingatkan.

Menurut perhitungan Azwar, pada 2013 pemerintah hanya akan menerima 50-60 persen CPNS lewat jalur reguler, baru sisanya dari tenaga honorer. Pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan RB memang akan membuka penerimaan CPNS tahun 2013. Namun, prioritas untuk tahun tersebut adalah pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, dengan syarat anggaran pegawai tersebut tidak lebih dari 50 persen dari APBD. “Reguler untuk menggantikan yang pensiun, yang nanti mencapai sebanyak 120 ribu orang,” jelas Azwar. Dengan demikian, lanjutnya, di seluruh Indonesia nanti penerimaan CPNS dari reguler saja diprediksi akan mencapai sekitar 60-70 ribu orang. “Setengah sampai 60 persen dari yang pensiun itu direkrut penggantinya lewat reguler,” tambah Azwar.

Dijelaskan, tahun depan ada sekitar 530 ribu honorer yang angkat diangkat. Tentu dengan melalui rangkaian tes yang dilakukan, seperti kepribadian, pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Dia tidak menapikan kuota penerimaan CPNS tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam, namun dia beralasan moratorium akan berlaku 2012. “Melonjak, tapi tetap harus sesuai ketentuan. Untuk menganalisis kebutuhan di daerah, saat ini sudah disiapkan 4.200 orang analis jabatan,” akunya. – Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Kepri Buralimar menjelaskan, analisis dimaksud sudah dilakukan di beberapa dinas. “Baru lima dinas yang sudah kita analisis, kebutuhan tahun depan sekitar 1.000 orang CPNS. Tapi, angka itu masih sementara. Nanti kebutuhan riilnya setelah biro organisasi selesai menganalisis berapa kebutuhan CPNS di Pemprov Kepri,” beber Buralimar, sembari menyebutkan dalam analisa tersebut akan disertai dengan beban kerja, analisis jabatan dan sebagainya, dan tentu saja besaran kuotanya tergantung pemerintah pusat. (rasn, tp)

Kategori: KEPRI, LINGGA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini: cpns kepri 2013, penerimaan cpns kepri 2013, cpns kabupaten lingga, penerimaan cpns 2013 kepri, cpns kab lingga