2013 KEPRI PERLU 1.000 CPNS

Batam, (LINGGA POS) – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar meminta Pemprov Kepri mengusulkan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013. Hal ini disampaikan Azwar sempena kunjungannya ke Batam kemarin. “Kami akan minta daerah atau lembaga negara mengusulkan. Termasuk tentunya dari Kepri, silahkan mengusulkan jumlah kebutuhan CPNS untuk tahun depan,” ujar Azwar di Hotel Planet Hollyday, Batam, kemarin. Dia melanjutkan, “Tapi harus dianalisa. Tidak lebih dari 50 persen dari belanja pegawai di APBD. Jika tidak, usulan CPNS-nya ditolak,” tegasnya mengingatkan.

Menurut perhitungan Azwar, pada 2013 pemerintah hanya akan menerima 50-60 persen CPNS lewat jalur reguler, baru sisanya dari tenaga honorer. Pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan RB memang akan membuka penerimaan CPNS tahun 2013. Namun, prioritas untuk tahun tersebut adalah pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, dengan syarat anggaran pegawai tersebut tidak lebih dari 50 persen dari APBD. “Reguler untuk menggantikan yang pensiun, yang nanti mencapai sebanyak 120 ribu orang,” jelas Azwar. Dengan demikian, lanjutnya, di seluruh Indonesia nanti penerimaan CPNS dari reguler saja diprediksi akan mencapai sekitar 60-70 ribu orang. “Setengah sampai 60 persen dari yang pensiun itu direkrut penggantinya lewat reguler,” tambah Azwar.

Dijelaskan, tahun depan ada sekitar 530 ribu honorer yang angkat diangkat. Tentu dengan melalui rangkaian tes yang dilakukan, seperti kepribadian, pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Dia tidak menapikan kuota penerimaan CPNS tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam, namun dia beralasan moratorium akan berlaku 2012. “Melonjak, tapi tetap harus sesuai ketentuan. Untuk menganalisis kebutuhan di daerah, saat ini sudah disiapkan 4.200 orang analis jabatan,” akunya. – Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Kepri Buralimar menjelaskan, analisis dimaksud sudah dilakukan di beberapa dinas. “Baru lima dinas yang sudah kita analisis, kebutuhan tahun depan sekitar 1.000 orang CPNS. Tapi, angka itu masih sementara. Nanti kebutuhan riilnya setelah biro organisasi selesai menganalisis berapa kebutuhan CPNS di Pemprov Kepri,” beber Buralimar, sembari menyebutkan dalam analisa tersebut akan disertai dengan beban kerja, analisis jabatan dan sebagainya, dan tentu saja besaran kuotanya tergantung pemerintah pusat. (rasn, tp)

Kategori: KEPRI, LINGGA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini: cpns kepri 2013, penerimaan cpns kepri 2013, cpns kabupaten lingga, penerimaan cpns 2013 kepri, cpns kab lingga

9 Responses to "2013 KEPRI PERLU 1.000 CPNS"

  1. Azam Pancur mengatakan:

    Apakah peluang untuk putra daerah lebih di prioritaskan?

    jangan hanya memprioritaskan yang honorer, seharusnya pemerintah lebih memprioritaskan SDM dan putra daerahnya sendiri.
    Terimakasih.

  2. Dwi Fitriantoro mengatakan:

    gmana ya cara pendaftaran nya itu..?

  3. Zuhelmi SPdi mengatakan:

    Apakah Tes Cpns hanya untuk yg udh pernah honor saja, bagaimana dg yg belum pernah honor.

  4. Adriana Dongoran mengatakan:

    kapan pelaksanaanya pastinya?dan formasinya belum ada kh?

  5. Faulina Sirait mengatakan:

    kira2 cpns bln 8 ni di adakan tgl brp ya?
    klw bisa info nya cpt keluar.dan bagi yg blm prnh honor apa tdk ada peluang ya?
    terimakasih…

  6. Hendra Yusuf mengatakan:

    (Alhamdulillah) :
    SAYA LOLOS JADI PNS di lingkungan PEMDA
    SUMATERA SELATAN
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda,Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Guru Honorer di (SD) Negeri 9 JL.Senopati,No.27, Palembang Indonesia, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga Guru honor belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian CPNS dan membayar 25 jt, namun hasilnya nihil bahkan saya sempat putus asa, Namun teman saya yang Dinas di luar kota, lansung Chat saya via BBM memberikan Nomor Telepon Bpk Drs.DedeDjunaedhy,M.Si bekerja di BKN pusat Jl.Letjen Sutoyo No.12 Jakarta Timur 13640. Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengangkat CPNS menjadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda sekarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisah nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
    1). ALLAH SWT, karena KepadaNya kita mengemis dan memohon
    2). Terimakasih untuk khususnya Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si beliau selaku Kepala Bag. Direktorat pengadaan pengangkatan CPNS menjadi PNS..
    Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si ini yang bekerja di BKN pusat dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si Tlp. 081333555057. Siapa tahu beliau mau bantu Anda.

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2014. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.