TTG NASIONAL XIV 2012, BERBAGAI PRODUK UNGGULAN DITAMPILKAN

Batam, (LINGGA POS) – Pagi ini rencananya kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIV tahun 2012, yang akan berlansung pada 11-15 Oktober 2012 di Harbour Bay, Batam, Provinsi Kepri akan di buka secara resmi oleh Menkopolhukam RI yang sebelumnya akan dibuka oleh Presiden SBY. – Gubernur Kepri HM. Sani mengatakan, tujuan penyelenggaraan TTG ini adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, utamanya dengan melalui dan meningkatkan mutu pendidikan, derajat kesehatan, tingkat keterampilan, serta membangun infrastruktur yang menopang kegiatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Berbagai produk unggulan yang ditampilkan oleh para peserta dari berbagai daerah di tanah air ditampilkan dalam ajang ini. Dari Kepri misalnya, menampilkan teknologi pengering ikan berbasis tenaga surya. Istimewanya, produk dengan memanfaatkan tenaga surya ini ramah lingkungan hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik, UMRAH Kepri. Juga dari Kabupaten Karimun, Kepri yang menampilkan produk penggorengan kerupuk otomatis dengan daya tampung yang lebih besar dan proses penggorengan yang lebih cepat. Sementara dari BPMD Kepri, menampilkan alat kesehatan berupa asap cair yang dibuat dari tempurung yang diolah menjadi arang dan asap cair, dimana alat ini dapat digunakan menunjang pemulihan kesehatan.

Dari SMK Saraswati, Salatiga, Provinsi Jawa Tengah tak mau ketinggalan, menampilkan alat baru berupa “wastafel sensor” otomatis airnya hidup-mati tergantung pada sensor yang terpasang, sehingga bisa menghemat penggunaan air. Alat ini sangat cocok dipakai di daerah-daerah yang sering mengalami kekurangan air. Produk unggulan ini juga dapat berfungsi sebagai tempat cuci tangan, menyimpan sabun, mengeringkan tangan dan atau untuk mengambil wudhu. Dihargai Rp5 juta, konon telah banyak diminati, dan pihak SMK Saraswati sedang mencari investor yang berminat untuk produksi massal alat yang sebelumnya meraih juara I di ajang yang sama di Kota Salatiga, dan sebagai runner up tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juni lalu.

Sempena gelar TTG Nasional XIV tahun 2012 di Batam, Kepri ini juga dari Kementerian Kemenkum dan HAM akan menyerahkan sertifikat hak paten kepada Sulistyana, penemu karya inovasi bidang konstruksi berupa plat beton ringan (flyslab), lebih ringan 50 persen dari beton lainnya. Temuan ini juga sebelumnya telah mendapatkan sertifikat dari Kementerian PU Badan Pembina Konstruksi, pada Lomba Karya Konstruksi Nasional 2011. (rasn,tn)

Kategori: ENTERTAIN, IPTEK, KEPRI, KOLOM, LINGGA, NASIONAL Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: