Syiar Islam : MASJID MADINA INDIA, TERBUAT DARI KACA

Los Angeles, (LINGGA POS) – Pernahkah Anda melihat masjid dari kaca? Di Shillong, India, sebuah tempat ibadah umat Islam bernama Masjid Madina, benar-benar terbuat dari kaca. Tak hanya bangunannya saja yang berbahan kaca, tapi juga kubah dan menaranya semua dari kaca. Hebatnya lagi, sebagian besar pekerja yang membangun masjid itu adalah warga umat Hindu. Ini tentu sebuah bentuk konkrit toleransi antar umat beragama yang luar biasa.

Laman Times of India, edisi Senin (15/10) menulis, Masjid Madina yang terletak di ibukota Meghalaya akan di buka secara resmi untuk umum Kamis (18/10). Keseluruhan pembangunannya diperkirakan baru akan tuntas Juli 2013.

Nantinya masjid ini akan dijaga oleh Persatuan Muslim Shillong. “Ini merupakan keajaiban arsitektur abad ini,” kata anggota kongres, Sayeedullah Nongrum, yang juga membantu pembangunan masjid tersebut. “Kami membutuhkan waktu setengah tahun untuk menyelesaikan masjid kaca ini. Dan ini merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Timur Laut,” kata Nongrum yang menjabat sekretaris Persatuan Muslim Shillong, India itu. Bangunan 4 lantai, panjang 120 meter, lebar 61 meter dan berdiri dalam kompleks Idgah yang terletak di daerah yang dekat dengan masyarakat kalangan bawah disepanjang sungai Umshyrpi. Pada malam hari masjid kaca itu akan bersinar gemerlapan. Selain berfungsi sebagai rumah ibadah dengan kapasitas sekitar 2 ribu jamaah, dengan ruang terpisah untuk perempuan dan laki-laki beribadah. Masjid ini juga merupakan panti asuhan bernama Meherba. Didalamnya, terdapat perpustakaan teologi Islam bernama Markaz.

“Masjid ini terbuka untuk umum, tapi mereka harus menjaga kesuciannya,” ujar Nongrum dan menambahkan masjid ini dapat menjadi daya tarik wisata India dan akan menanamkan ajaran Islam dan perpustakaan yang ada menyebarkan ilmu tentang studi agama komparatif. (vin,l6)

Kategori: ENTERTAIN, MANCANEGARA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.