UNI EROPA TERIMA HADIAH NOBEL PERDAMAIAN 2012

Oslo, (LINGGA POS) –

Kontroversi.

nobel-medalHadiah Nobel paling bergengsi, yakni bidang Perdamaian tahun ini diberikan kepada organisasi Uni Eropa. Pengumuman pemenang tersebut diumumkan Komite Nobel di ibukota Oslo, Norwegia. Uni Eropa dianggap sudah berperan selama 6 tahun meningkatkan perdamaian, demokrasi dan hak azasi di Eropa. Ini adalah organisasi ke 21 yang meraih Nobel Perdamaian sejak ajang ini digelar pada 1901. Organisasi lainya yang pernah menerima antara lain Amnesty International (1977), Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi (1981) Pasukan Perdamaian PBB (1988). Pencapaian ini di luar dugaan pengamat, mengingat nominator bidang perdamaian ini masih lebih dianggap layak sebagai penerima hadiah yang menjadi maestro dibanding bidang lainnya seperti Gene Sharp, Maggie Gobran, Jenderal Thein Sein, Lina Ben Mhenni dan lainnya. 2 Ilmuan Memanipulasi Partikel Kuantum.

Ilmuan dari Amerika Serikat David Wineland, 68, dan Serge Haroche, 68, dari Perancis terpilih sebagai peraih hadiah Nobel bidang Fisika. Penemuan mereka, cara mengukur partikel kuantum tanpa memusnahkan dan membuka kemungkinan membangun komputer jauh lebih kuat dibanding yang sudah ada. Mereka telah menemukan cara untuk memanipulasi partikel kuantum yang merupakan partikel terkecik dari materi dan cahaya, dimana dengan cara itu, keduanya mampu mengganti pertahanan partikel tersebut yang selama ini hanya bisa dibayangkan melalui perhitungan matematis dan percobaan imajinatif. Siswa Terbodoh Raih Nobel Kedokteran 2012.

Hadiah Nobel bidang Kedokteran diberikan kepada John B. Gurdon profesor di Universitas Cambridge, Inggris, dan Shinya Yamanaka profesor Universitas Kyoto, Jepang, atas penemuan keduanya tentang Kloning.

Uniknya, John B. Gurdon pernah menjadi siswa terbodoh di sekolahnya (1948). Rapornya banyak angka merahnya. Dari 250 siswa kelas biologi, Gurdon hanya menempati nomor buncit dari segi nilai.

Nobel Kesusasteraan.

Penulis China, Mo Yan meraih Nobel bidang Kesusasteraan 2012. Ini pertama kalinya seorang penuli dari negeri tirai bambu mendapat penghargaan sejenis, yang telah dipilih oleh Swedish Academy. Mo Yan, dibesarkan di Provinsi Shandong, China Timur laut, ditengah keluarga petani. Menulis karya-karya kebanyakan tentang China dan dianggap punya gaya penulisan yang unik dengan menggunakan kombinasi fantasi dan realita, persfektif historis dan sosial untuk menciptakan suatu dunia.

Karyanya yang terkenal di Barat, dan dianggap setara dengan karya penulis dunia William Faulkner dan Gabriel Garcia Marquez, adalah Red Shorghun (melukiskan kesengsaraan kaum petani pada awal pemerintahan komunis). Ia menerima 8 juta crown atau US$1,2 juta.

Alfred Bernhard Nobel.

Hadiah Nobel adalah wakaf dari seorang ilmuan penemu dinamit, Alfred Bernhard Nobel. Ia menitipkan US$9.200.000 dengan pesan agar diberikan kepada siapa saja yang dinilai berjasa dalam menemukan atau mengembangkan sesuatu yang bernilai bagi peri kehidupan manusia. Hasil temuannya (dinamit), telah membuat Nobel kaya raya karena diperlukan di banyak negara untuk membuka jalan atau tambang-tambang mineral. Ironisnya, penemuannya itu juga digunakan para serdadu perang untuk menghancurkan manusia. Inilah yang membuat dia sangat sedih, maka dia menghibur dirinya dengan menyumbangkan uangnya untuk mereka yang berjasa utamanya bagi perdamaian dunia. (jk,k24,tic,mdk,bps)

Kategori: IPTEK Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.