Pelatnas Balap Sepeda Pakai Sistem Promosi Degradasi

Pebalap melaju pada etape X Speedy Tour dIndonesia 2010 di Bali, Rabu (3/11). (ANTARA/Puspa Perwitasari) Jakarta (ANTARA News) – Pelatnas balap sepeda yang akan diturunkan pada SEA Games 2010 di Tanah Air menggunakan sistem promosi degradasi dan penetapan tim intinya dilakukan Agustus mendatang

Pelatnas Balap Sepeda Pakai Sistem Promosi Degradasi
Pebalap melaju pada etape X Speedy Tour dIndonesia 2010 di Bali, Rabu (3/11). (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) – Pelatnas balap sepeda yang akan diturunkan pada SEA Games 2010 di Tanah Air menggunakan sistem promosi degradasi dan penetapan tim intinya dilakukan Agustus mendatang.

Ketua PB ISSI Phanny Tanjung di Jakarta, Kamis, mengatakan pada awal pelatnas pihaknya memanggil sebanyak 84 pebalap putra dan putri dari beberapa nomor balap sepeda yang dipertandingkan.

“Pelatnas akan segera dilakukan. Kami menginginkan persiapan lebih maksimal. Apalagi SEA Games nanti digelar di Tanah Air,” katanya.

Menurut dia, dari 84 pebalap yang masuk pelatnas nantinya akan dirampingkan menjadi 53 pebalap saja. Jumlah itu sebetulnya cukup besar. Namun pihaknya berharap ada spesialisasi sehingga pebalap hanya turun pada satu nomor saja.

Selama ini banyak pebalap turun pada beberapa nomor yang dilombakan dan hasilnya kurang maksimal. Dengan spesialisasi, kata dia, diharapkan konsentrasi pebalap lebih baik.

“Kami ingin hasil yang sempurna. Dengan sistem spesialisasi akan mudah memantau kemampuan pebalap sebelum turun diajang resmi,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan dengan adanya pemanggilan ini maka tidak diperlukan lagi seleksi untuk masuk timnas. Siapa yang bertahan selama menjalani pelatnas itu pebalap yang akan diturunkan pada event olah raga terbesar di Asia Tenggara itu.

Sementara itu pelatih balap sepeda senior, Wahyudi, mengatakan pada pelatnas pebalap akan dibagi dalam tiga kelompok sesuai dengan kriteria yang dilombakan yaitu road race, MTB dan BMX

Dari 53 pebalap yang akan diturunkan di SEA Games 2011 terbagai atas enam pebalap BMX, 10 pebalap road race putra, 6 road race putri, 12 pebalap MTB putra dan putri, delapan pebalap track putra dan delapan track putri, serta tiga orang pebalap sprint putri.

“Dengan waktu yang ada kami yakin mampu mendapatkan pebalap-pebalap potensial untuk meraih medali,” katanya.

Sesuai dengan rencana, pelatnas balap sepeda akan dilakukan dibeberapa tempat sesuai dengan nomor balapan. Khusus untuk road race pelatnas dilakukan di Subang, Jawa Barat.

SEA Games 2011 digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang mulai 11 November nanti. Untuk balap sepeda pelaksanaan lomba di Subang Jawa Barat (road race), Sentul (MTB) dan BMX di Ancol Jakarta.(*)

B016/I015

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1294326513/pelatnas-balap-sepeda-pakai-sistem-promosi-degradasi

Kategori: OLAHRAGA Tags: 
Topik populer pada artikel ini: