Syiar Islam : 9 KEAJAIBAN SUNNAH RASULULLAH SAW

(LINGGA POS) – Meningkatkan kualitas hidup sangat tergantung kepada kebiasaan yang kita jalani sehari-hari. Sebab kebiasaan mampu menggiring kita pada kesuksesan atau sebaliknya kepada kegagalan. Sesungguhnya seorang Muslim telah memiliki sosok teladan dalam melatih kebiasaan sehari-harinya. Ya, sejak dulu Rasulullah SAW telah mencontohkan amalan-amalan sunnah yang jika dikerjakan akan memberikan banyak manfaat bagi kualitas hidup kita seperti kesuksesan, kekayaan dan utamanya adalah nilai-nilai spiritual. Jika kita menelusuri lebih dalam akan kebiasaan Rasulullah SAW maka hidup ini terasa lebih indah. Karena apa yang diajarkan beliau pastilah membawa manfaat besar bagi kehidupan kita di dunia ini dan bagi kehidupan baqa nanti.

Kebiasaan keseharian kita, sebenarnya merupakan hasil dari apa yang kita lihat, kita rasakan, serta yang kita dengar. Kebiasaan-kebiasaan kita tumbuh berkembang sejalan dengan lingkungan yang membentuk kita, yaitu orang tua, saudara dan teman-teman dekat kita. Bahkan besar kemungkinan, kebiasaan kita sekarang adalah perwujudan dari kebiasaan yang ditanamkan orang tua kita sejak kecil. Namun, bukan berarti kebiasaan kita sepenuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan memberi andil dalam pembentukan karakter, tapi semua itu kembali kepada diri kita sendiri. Dengan kata lain, baik buruknya pribadi seseorang sangat tergantung dari sikapnya. Oleh karena itu kita membutuhkan kebiasaan yang bisa menuntun pada kebahagiaan, ketenangan, dan kesuksesan lahir maupun batin. Sehingga, meskipun lingkungan kita penuh dengan kemaksiatan, namun tak terpengaruh dan tetap bisa istiqamah.

Dengan mengamalkan sembilan kebiasaan keseharian Rasulullah SAW yang penulis uraikan dalam tulisan sederhana ini, Insyaallah kita akan tumbuh menjadi pribadi yang sukses, optimis, tenang dan selalu ingat kepada kebesaranNYA. Apa yang dilakukan Rasulullah SAW sesungguhnya bersumber dari kecintaan beliau kepada Allah Swt. Jika selama ini kita sudah bersusah payah bekerja tapi tidak juga merasa cukup, mungkin hal ini disebabkan kita lalai mengerjakan sunnah keseharian Rasulullah SAW. Adapun sembilan keajaiban sunnah Rasulullah SAW itu adalah :

  1. Keajaiban Shalat Dhuha. Dengan menjalankan shalat Dhuha secara rutin, dapat menimbulkan sikap syukur, sabar dan optimis. Mengawali setiap aktivitas sehari-hari dengan shalat Dhuha memberikan efek positif pada diri kita. Kebiasaan shalat Dhuha memiliki korelasi positif dengan etos kerja dan afirmasi berulang kali melalui doa yang kita panjatkan kepadaNYA.
  2. Keajaiban Shalat Tahajud. Mereka yang membiasakan diri shalat Tahajud, adalah mereka yang sedang berjuang. Ya, perjuangan untuk mewujudkan hasrat untuk dicintaiNYA. Selain itu, orang yang berjuang untuk bangun malam, pastilah memiliki kemauan keras untuk mencapai kemajuan hakikinya bagi dunia dan akhirat.
  3. Keajaiban Membaca Al Quran dan Maknanya. Salah satu cara mendayagunakan kitab suci Al Quranur Karim adalah cara bagaimana kita bisa berbahagia dengan Al Quran.
  4. Keajaiban Istiqfar. “Barangsiapa yang melazimkan dan beristiqfar secara terus menerus kepada Allah maka Allah akan memudahkan saat mengalami kesulitan, memberi kebahagiaan dalam kesedihan dan Allah memberi jalan untuk meraih rezeki yang tak pernah ia duga,” (HR Abu Daud).
  5. Keajaiban Sedekah. Semakin banyak kita memberi kepada orang lain, maka akan semakin bertambah kasih sayang Allah kepada kita. Dengan demikian, semakin banyak pahala dan rezeki yang mengalir dalam kehidupan kita.
  6. Keajaiban Silaturahim. “Silaturahim mempermudah memperoleh rezeki dan memperpanjang umur,” (HR Bukhari). “Silaturahim mendatangkan naungan kebahagiaan manusia, memperlancar rezeki dan memperpanjang umur,” (HR Daud).
  7. Keajaiban Puasa Senin dan Kamis. Pakar herbal ternama Indonesia, seorang mualaf Profesor HM Hembing Wijayakusuma mengatakan, dengan melakukan aktivitas puasa secara rutin dan konstan, antara lain misalnya puasa sunnah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW, dapat terhindar dari berbagai macam penyakit (karena pola makan yang berlebihan) seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, diabetes (kencing manis) dan sebagainya.
  8. Keajaiban Shalat Berjamaah. Fitrah manusia yang selalu ingin hidup bersosialisasi, menjadi sebuah hikmah mengapa shalat adalah lebih tinggi nilai pahalanya jika kita lakukan sendiri saja. Paling tidak saat mengerjakan rukun lima waktu dilakukan bersama keluarga (isteri, anak) di rumah, namun alangkah baiknya mengerjakannya secara berjamaah di langgar, surau, mushola atau masjid.
  9. Keajaiban Wudhu. Senantiasa menjaga wudhu berarti menjaga anggota tubuh dan hati kita dari berbuat dosa dan salah. Membiasakan berwudhu juga berarti membiasakan diri kita untuk menjaga tubuh dan hati kita dari kesalahan yang diperbuat. Dengan demikian, wudhu bukanlah semata-mata sebagai penghapus dosa, tetapi juga wasilah, untuk senantiasa memperbaiki diri lahir dan bathin. (fitriyani,la)
Kategori: KOLOM, SYIAR ISLAM Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: keajaiban istighfar doa pembersih dosa review, keajaiban sunnah, 9 sunnah rasul, 9 sunnah nabi, 9 keajaiban sunah rasulullah