PEMKAB LINGGA SEDIAKAN Rp1,2 MILIAR BAGI MAHASISWA/SISWA BERPRESTASI

Daik, (LINGGA POS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Lingga telah menyediakan dana seluruhnya sebesar Rp1,2 miliar untuk mahasiswa/siswa berprestasi dan tidak mampu dari Lingga. Setiap tahunnya Pemkab Lingga melakukan seleksi kepada sebanyak 200 mahasiswa/siswa untuk mendapatkan bantuan dana dimaksud. Dijelaskan Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Menengah Kejuruan dan Perguruan PT/PLS Disdikpora Lingga, TM Iqbalisas setakat ini kuota bea siswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dibagi dalam tiga kategori yakni untuk Program S-1 kepada 100 orang, program Diploma III kepada 50 orang dan program Dokter umum kepada 100 orang penerima. Masing-masing penerima mendapat bantuan dana bea siswa sebesar Rp6 juta.

Bea siswa yang sama juga diberikan kepada mahasiswa dari hinterland yang pada 2013 diberikan kepada 25 orang penerima. Pemkab Lingga juga memberikan bea siswa kepada Quran Center dan pesantren yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp10 juta per tahun. “Untuk bea siswa melalui bantuan sosial, kepada siswa yang kurang mampu pada 2012 telah diberikan dana bea siswa seluruhnya sebesar Rp1,7 miliar,” ungkapnya. Dari dana yang digelontorkan itu telah dapat membantu kepada sebanyak 1.750 mahasiswa/siswa asal Lingga. Sementara untuk tahun 2013 ini, kata dia, sasaran bea siswa melalui bantuan sosial diberikan kepada sebanyak 1.350 siswa dengan nilai mencapai Rp1.548 miliar. Diharapkan kepada penerima bea siswa tersebut nantinya jika telah menyelesaikan kuliahnya diwajibkan dapat mengabdikan diri di daerah asal mereka sendiri. Untuk realisasi penerimaan bea siswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu akan disalurkan dan diumumkan melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KA) dan akan dipublikasikan secara transparan di massa media. (syk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: penerima beasiswa kabupaten lingga 2015, pengunguman beasiswa mahasiswa kab lingga 2016, Berapa banyak mahasiswa/mahasiswi kabupaten lingga di tanjung pinang 2016, dinas pendidikan beasiswa kabupaten lingga, ww disdik beasiswa kabupaten lingga 2016 com