KISAH SURAT DALAM BOTOL

(LINGGA POS) – Surat dalam botol dan dibalas oleh penemunya. Sepertinya hal itu mustahil terjadi. Namun itu benar terjadi di dunia nyata. Ada beberapa surat yang sudah puluhan tahun mengapung di lautan, namun berhasil ditemukan dan penemunya membalas pesan yang tertulis didalamnya. Bagaimana kisah surat dalam botol yang berhasil ditemukan? Berapa lama perjalanan yang ditempuh sebelum mendapatkan balasan dari penemunya? Inilah kisahnya, Kanada – Kroasia : Botol berisi pesan ini dibuang di Nova Scotia, Kanada. 28 tahun kemudian botol ini terdampar di pantai Kroasia, saat beberapa peselancar sedang membersihkan pantai. “Mary, kamu adalah orang yang benar-benar hebat. Kuharap kita bisa terus berhubungan lewat surat. Aku bilang aku akan menulis untukmu. Temanmu selalu, Jonathan. Nova Scotia ’85”. Tulis pesan dalam botol.

Pesan dalam botol tersebut telah mengarungi Samudera Atlantik, melewati Gibraltar, mengelilingi laut Mediterania dan melewati laut Adriatic sebelum terdampar di pantai Krosia. Perjalanan itu menempuh jarak 4.000 km! – Dibalas 24 Tahun Kemudian : Seorang anak laki-laki berkebangsaan Rusia, Daniil Korotkich (13) sedang berjalan-jalan di pantai saat melihat botol berisi pesan dan mengembalikannya. Pesan dalam botol itu tertulis, “Halo, aku Frank dan aku berusia 5 tahun. Aku dan ayahku tengah dalam perjalanan dengan sebuah kapal menuju Denmark. Kalau kamu menemukan surat (dalam botol) ini, tolong balas pesannya, dan aku akan membalas pesanmu”. Surat tersebut ditulis pada 1987 dan Frank menyertakan alamat rumahnya didalamnya.

24 tahun kemudian, Daniil menemukannya dan mengirim balasan surat ke alamatnya. Syukurlah, orang tua Frank masih tinggal di alamat yang sama dan memberitahukan hal itu kepada Frank yang sudah berusia 29 tahun. Mereka berdua bertatap muka lewat video call beberapa waktu lalu, dan Daniil menunjukkan surat yang ditemukannya kepada Frank. Dia masih menyimpan surat itu dan membingkainya untuk kenang-kenangan. – Kembali Setelah 76 Tahun : Sebuah pesan dalam botol ditemukan di Selandia Baru dan dikembalikan ke keluarga pengirim setelah mengapung selama 76 tahun. Botol tersebut ditemukan Geoff Flood pada November 2012, dan dia menemukan fakta bahwa penulis surat tersebut telah meninggal dunia pada 1940. Pesan dalam botol tersebut bertanggal 17 Maret 1936 dengan mencantumkan nama Herbert Ernest Hillbrick. Herbert menyertakan alamat rumahnya, dan Geoff mengirimnya kembali ke Australia, asal botol itu dikirim. – Di Buang di Laut di Balas di Face book : Oliver Vandevalle membuang botol beriri pesan ke lautan, 30 tahun yang lalu. Dan ia mendapatkan balasan untuk pesannya melalui Facebook!

Saat berusia 14 tahun, Vandevalle menuliskan pesan dalam botol wine dan membuangnya ke laut Inggris. 30 tahun kemudian botol tersebut sampai di Belgia dan ditemukan oleh Lorraine Yates. Alih-alih membalas surat tersebut lewat pos ke alamat yang tertulis di botol, Lorraine memilih untuk mencari pemilik pesan dalam botol itu lewat jejaring sosial, Facebook. Dia beruntung menemukan Vandevalle dan kemudian mengirim pesan balasan untuk Vandevalle melalui media tersebut. – Mengapung Selama 97 Tahun! : Pesan dalam botol ini masuk dalam buku rekor dunia, Guiness World Record, karena baru ditemukan setelah 97 tahun ia berada di atas lautan. Botol tersebut ditemukan di sebuah pantai kawasan Shetland, Skotlandia. Andrew Leaper yang menemukan botol berisi surat tersebut. Pesan dalam surat itu berbunyi, “Barangsiapa menemukan surat dalam botol ini dan mengembalikan ke pemiliknya, akan mendapatkan imbalan”. (odd,ph,kl)

Kategori: LINGGA, MANCANEGARA Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.