Syiar Islam : HIKMAH DI BALIK SERUAN ADZAN

(LINGGA POS) – Lima kali dalam sehari, dari setiap masjid atau mushola dikumandangkan adzan oleh seorang muazzin. Susul menyusul, sahut menyahut bergantian dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Selesai di negeri yang satu berpindah ke negeri yang lain, berputar terus selama matahari masih terbit dan terbenam.

Adzan merupakan panggilan (seruan) kepada umat muslim untuk segera meninggalkan segala macam aktivitas duniawi menghadap Allah SWT yaitu melaksanakan shalat lima waktu. Di Balik kumandang suara adzan itu ada keistimewaan tersendiri sehingga bagi muazzin (orang yang menyerukan adzan) sekalipun, Allah telah memberikan pahala kepadanya.

Adzan juga mengandung fakta unik dengan 7 kalimat yang biasa diucapkan oleh seorang muazzin :

  • Allahu Akbar, kalimat ini mengandung arti menyerukan kepada umat muslim ketika ingin mencapai kemenangan di mulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Besar. Ingatlah bahwa ada zat yang Maha Besar yang selalu membantu dan menolong umatnya mencapai segala maksud dan tujuan. Memulai segala sesuatu dan meyakini keesaan Allah yang Maha Besar maka akan berdampak pada rasa percaya diri dalam diri seorang hambaNya dan tidak akan takut terhadap apapun di dunia kecuali takut kepada Allah SWT.
  • Asyadu Alla Illaha Ilallah, bahwa tiada tuhan yang disembah selain Allah. Ungkapan ini memberikan panduan kepada seseorang yang hendak memulai sesuatu agar memurnikan niatnya karena Allah, dan apapun yang dilakukan adalah untuk tujuan ibadah. Sebab tidak ada satupun pekerjaan yang dikerjakan manusia, kecuali bernilai ibadah.
  • Asyadu Anna Muhammadar Rasulullah, berarti memberikan petunjuk kepada manusia untuk mencontoh dari teladan Nabi Muhammad SAW menjadikan beliau sebagai panutan dalam setiap aktivitas serta perbuatannya untuk dapat mencapai kesuksesan. Hayya Alash Shalah, artinya segera kita umat Muhammad melaksanakan shalat dan memberikan arah kepada setiap yang akan memulai sesuatu, bahwa hendaklah mengawalinya dengan ibadah shalat. Ibadah akan mendatangkan keridhaan Allah SWT dan jika Allah sudah meridhainya tentulah semua keinginan akan terwujud dengan sempurna dalam keberkahan. Shalat sebagai salah satu bentuk zikir guna mendapatkan ketenangan jiwa lahir dan bathin bagi yang mengerjakan ibadahnya. Hati akan tenang dan tentram, pikiran menjadi jernih dan kesuksesan akan mudah diraih, dalam keridhaanNya.
  • Hayya ‘Alal Falah, ini artinya ajakan sebagai tujuan akhir dari usaha manusia, yaitu kesuksesan untuk menuju kepada kemenangan. Senantiasa memulai sesuatu menyebut namaNya, mengerjakan shalat, meneladani Rasulullah SAW. Jika hal itu sudah dipenuhi maka akan terealisasi dengan bukti yang nyata (sukses), bahwa sebenarnyalah Islam itu Rahmatanlil’Alamin.

Allahu Akbar, dengan ungkapan Allah Maha Besar setelah meraih kemenangan dan menyadarkan manusia bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang diperolehnya  adalah berkat bantuan dan pertolongan Allah SWT semata. Tidak satupun yang bisa terwujud di alam ini tanpa izin dariNya. “Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah” (QS. Al-Anfal :10). (ustd sonny sutrisna)

Kategori: KOLOM, SYIAR ISLAM
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.