165 RIBU ORANG DAFTAR UNTUK TINGGAL SELAMANYA DI MARS

(LINGGA POS)  – Lebih dari 165 ribu orang dari 140 negara telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket sekali jalan ke Mars dengan tujuan menjadi koloni manusia pertama yang tinggal permanen di planet ‘merah’ itu. Proyek sekali jalan ke Mars ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga 4 miliar poundsterling dan diharapkan sebagian besar biaya ditutup dari penjualan hak siar. Misi pengiriman koloni manusia dari Bumi ke Mars ini memang akan disiarkan langsung melalui televisi dan diyakini akan menjadi acara media terbesar sejagat. “Kenyataan berpadu dengan pertunjukan besar tanpa akhir dan seluruh dunia akan menyaksikannya,” kata Paul Romer, asisten penggagas dari Big Brother, sekaligus perwakilan proyek, dikutip dari laman The Guardian, Kamis kemarin. Pada 2015, sebanyak 40 kandidat akan memulai program pelatihan selama 8 tahun dimana mereka akan belajar untuk menyesuaikan diri dari situasi terisolasi dalam waktu lama. Hanya 4 orang terpilh yang akan dikirim ke Mars secara bertahap dan sejumlah lainnya dalam waktu 2 tahun sekali.Laman website The Mars One memberikan pernyataan proses pengembalian kandidat ke Bumi, “tidak bisa diantisipasi atau diharapkan” karena terdapat tantangan teknis dan fisiologis.p

GAYA GRATIVIKASI MARS 38 PERSEN.  Gaya grativikasi permukaan Mars adalah 38 persen dari yang ada di Bumi. Sehingga dapat menyebabkan banyak terjadi perubahan dalam kepadatan tulang, kekuatan otot dan sirkulasi, sehingga kandidat yang nantinya merangkap sebagai astronot membutuhkan roket yang dirakit lengkap dengan bahan bakar penuh, sistem penyokong kehidupan yang tahan selama 7 bulan perjalanan dan kapasitas dermaga untuk stasiun angkasa yang mengorbit Bumi agar pendaratan aman saat masuk Mars.

140 JUTA MIL.  Mereka yang mengikuti misi Mars ini kemungkinan besar akan kembali ke Bumi tidak bisa berkumpul bersama keluarga karena keterbatasan dana, teknologi dan bahan bakar. Proyek ke Mars akan diluncurkan pada 2022 dan akan sampai di Mars pada 2023. Jadi lama perjalanan dari Bumi ke Mars sejauh 140 juta mil atau 225 juta kilometer! Ide yang dicetuskan oleh seorang pengusaha Belanda bernama Bas Lansdrop ini,  menyebutkan seperempat dari sekitar 165 ribu orang pelamar tersebut berasal antara lain dari negara Amerika Serikat, Cina, Brasil, India, Rusia, Inggris dan lain-lain. (r,tg,t)

Kategori: IPTEK, MANCANEGARA, NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

One Response to "165 RIBU ORANG DAFTAR UNTUK TINGGAL SELAMANYA DI MARS"

  1. should I join move to Mars? No idea..huftt

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.