TAK TERSEDIA DANA DI APBD, SELEKSI CPNS LINGGA DITUNDA TAHUN DEPAN

Daik, (LINGGA POS)  – Tahun ini Pemkab Lingga tidak menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pelamar umum, kecuali bagi tenaga honorer Kategori 2 (K2), yakni mereka yang sudah bekerja atau honor pada periode 1 Januari – 31 Desember 2005. Penangguhan pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 itu tertuang dalam surat Bupati Lingga yang ditandatangani H. Daria Nomor 810/BKD-KP/VII/251 tanggal 26 Agustus 2013. Penangguhan seleksi penerimaan CPNS tersebut karena tidak ada dana di APBD Murni Lingga 2013. Hal itu diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BPD) Pemkab Lingga, Syamsudi. “Benar, intinya isi surat itu untuk penangguhan pelaksanaan tes CPNS ke Menteri PAN-RB,” kata Syamsudi, Senin (9/9). Tes penerimaan CPNS tahun 2013 di Pemkab Lingga ditunda untuk pelamar umum, namun untuk tenaga honorer K2 tetap dilaksanakan. “Tes (seleksi,red) dari pelama umum ditunda karena tidak tersedia dana di APBD murni Lingga, sementara dalam APBD-P (Perubahan) sudah tidak memungkinkan untuk dianggarkan lagi,” kilah Syamsudi, yang mantan guru dan sudah dua periode menjabat Kepala BKD Lingga ini, sembari mengatakan tes CPNS untuk honorer K2 bisa dilaksanakan karena menggunakan dana dari pemerintah pusat (APBN).

KUOTA CPNS LINGGA 2013 SEBANYAK 230 ORANG.  Padahal menurut Ketua Komisi III DPRD Lingga Rudi Purwonugroho alokasi (kuota) kebutuhan untuk pelamar umum di Pemkab Lingga ada 230 orang. Dengan persentase 55 persen untuk tenaga guru, 35 persen tenaga kesehatan dan 10 persen untuk tenaga teknis, sedangkan untuk honorer K2 sebanyak 76 orang. Rudi sangat menyayangkan atas tidak adanya seleksi penerimaan CPNS tahun ini di Pemkab Lingga. Ironisnya, hal itu terjadi karena pihak BKD Lingga dari awal terkesan tidak transparan kepada masyarakat dan ‘lupa’ mengajukan anggaran terkait di APBD. Sementara melalui website Kementerian PAN-RB jelas menyatakan memberikan kuota ke masing-masing Pemda untuk mengajukan berapa kebutuhan tenaga pegawai di lingkungannya. “Buktinya, kami yang langsung menelusuri hingga ke Pemprov Kepri. Nyatanya Lingga mendapatkan kuota 230 orang termasuk 76 orang untuk honorer K2,” kata Rudi. Dia merasa kecewa, karena kelalaian pihak BKD Lingga para pemuda tempatan khususnya pencari kerja kehilangan kesempatan untuk ikut seleksi CPNS sementara mereka telah menunggu sejak lama.

ANEHNYA, BKD LINGGA SUDAH MENGAJUKAN.  “Masih untung, untuk seleksi CPNS bagi honorer K2 dananya dari pusat. Kalau tidak mereka juga tidak bisa ikut tahun ini dengan alasan tidak ada dana di APBD,” tambah Rudi.  Dia tidak habis pikir, mengingat sebelumya pihak BKD Lingga nyatanya telah mengajukan permintaan ke Kementerian PAN-RB melalui mekanisme seperti Ajab, Anjab dan ABK. “Mestinya sudah segera mengajukan anggaran terkait seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 dalam APBD murni Lingga,” pungkasnya. (t,tp,bt)

Kategori: KEPRI, LINGGA
Topik populer pada artikel ini: formasi cpns lingga 2014

10 Responses to "TAK TERSEDIA DANA DI APBD, SELEKSI CPNS LINGGA DITUNDA TAHUN DEPAN"

  1. Bele berkata:

    MEREKA TERUUUUUUS MAU MEMBEBANI APBD , TUANKU ! KABUPATEN INI SUDAH BANYAK PESUROH (PNS) APE NAK DI TAMBAH TEROOOOOS , KANTO KECIK, RUANG GERAK TUK KERJA DAH SAME BESA TEMPAT BERAK !

  2. Pak Bupati dan WAKIL RAKYAT Yth. tenaga pengajar kita sudah memadai, cuma berkumpul pada satu sektor (kota), kita terlalu banyak menimbang-nimbang dan lambat bergerak (malah tak begerak), contoh saja wacana "PEMERATAAN TENAGA PENGAJAR YANG DI SAMPAIKAN PIHAK-PIHAK YANG BERKOMPETEN SUDAH SETAHUN LEBIH NAMUN REALISASINYA !" Terlalu lamanya kita bertindak, ini akan membuka peluang KORUPSI dan kewibawaan pemerintah !

  3. Putra Rantau berkata:

    Makanye dah bagus2 honor di kehutanan berhenti… kalau tak kan udah pegawai sekarang…

  4. Anik Ni berkata:

    sy wrga lingga sngt kecwa tes cpns th ini di tunda th dpn pd hal itu hrpn yg sy tnggu2 sjak lma apalgi skrng umur sy udh 35, jdi th dpn tidk bisa ikut tes cpns ……

  5. Robby Hood berkata:

    pak tlong jelasin honorer k2,,sya ngk pham.

  6. saye juge kecewe na tahun ni tkde penerimaan cpns di kabupaten lingga,,,, padahal dah 2 tahon saye tunggu kesempatan tu,,,,,,

  7. Putra Dabox berkata:

    HArapan pasti banya untuk jai PNS,, tpi otak harus berpikir jangan terlalu Banyak berharap Jadi PNS takot gile pulak.. mamfaatkan lingkungan sekitar dan terus cari usaha apa yang bisa di buat cari duet yang penting halal, jual taik ayam pon jadi law betol tekon jadi pengusaha pupuk.

  8. Eno berkata:

    optimis lah waq?
    bermimpi boleh,,,,koq

  9. Hendra Yusuf berkata:

    (Alhamdulillah) :
    SAYA LOLOS JADI PNS di lingkungan PEMDA
    SUMATERA SELATAN
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda,Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Guru Honorer di (SD) Negeri 9 JL.Senopati,No.27, Palembang Indonesia, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga Guru honor belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian CPNS dan membayar 25 jt, namun hasilnya nihil bahkan saya sempat putus asa, Namun teman saya yang Dinas di luar kota, lansung Chat saya via BBM memberikan Nomor Telepon Bpk Drs.DedeDjunaedhy,M.Si bekerja di BKN pusat Jl.Letjen Sutoyo No.12 Jakarta Timur 13640. Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengangkat CPNS menjadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda sekarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisah nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
    1). ALLAH SWT, karena KepadaNya kita mengemis dan memohon
    2). Terimakasih untuk khususnya Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si beliau selaku Kepala Bag. Direktorat pengadaan pengangkatan CPNS menjadi PNS..
    Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si ini yang bekerja di BKN pusat dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si Tlp. 081333555057. Siapa tahu beliau mau bantu Anda.

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.