Syiar Islam : HEWAN QURBAN YANG SEHAT DAN HALAL

(LINGGA POS) – Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah qurban dari jenis hewan yang sehat dan halal seperti sapi, kambing atau domba, disyaratkan agar lebih teliti dalam membeli hewan-hewan yang akan diqurbankan. Karena dasar dari penyembelihan hewan qurban itu sendiri terdapat dalam Surat Al Kautsar 1-2, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu, dan berqurbanlah”. Berikut ini beberapa tips untuk membeli hewan qurban yang baik, sehat dan halal seperti yang telah disyaratkan, yaitu :

  1. Sebaiknya Anda mengajak orang yang mengerti tentang kondisi dan kesehatan hewan (umur, kesehatan dan lainnya) dari hewan yang diqurbankan.
  2. Umur hewan untuk sapi umurnya yang baik 2 tahun, kambing umur 1 tahun, domba umur 6 bulan-1 tahun. Pada sapi dapat ditandai dari satu pasang gigi seri yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap yang berarti umurnya sudah 2 tahun. Pada kambing apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka umurnya 1 tahun, sedangkan pada domba pergantian satu pasang gigi seri artinya umurnya sekitar 1 tahun.
  3. Hewan sehat : Sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan atau petugas peternakan yang menangani kesehatan hewan. Ciri-ciri hewan sehat secara umum adalah,  – Mulut, mata, hidung, telinga, anus, bersih dan normal.  – Mata jernih,cermin hidung tidak basah dan tidak kering, bulu mengkilat.  – Turgor (elastisitas) kulit baik (tidak kekurangan cairan dalam tubuh hewan tersebut).
  4. Hewan tidak cacat, sempurna dan tidak mengalami kecacatan.
  5. Hewan yang sehat antara lain dapat dilihat antara lain gesit, enerjik dan tidak loyo. Jika ada hewan yang menyendiri, tidak bersemangat dan tampak lesu, menandakan hewan itu tidak dalam kondisi sehat.
  6. Cara makan hewan : hewan yang dengan napsu makan yang lahap, berarti sehat dan begitu pula sebaliknya.

FISIK SEMPURNA. Hewan yang paling diutamakan untuk diqurbankan mestilah memiliki fisik yang sempurna, sehat dan gemuk (banyak dagingnya) dan proporsional. Sementara hewan yang dimakruhkan untuk diqurbankan adalah hewan yang telinga dan ekornya putus (memanjang atau melebar, pantat dan susu hewan putus, penyakit gila, kehilangan gigi atau ompong, tidak bertanduk atau tanduknya patah. Pada dasarnya hewan dianggap sehat, baik dan halal paling tidak terlihat pada bulunya yang tumbuh sehat dan mengkilat, bersih atau bulunya tidak berdiri dan kusam sedangkan matanya bersinar jernih, makan lahap, tulang punggungnya relatif rata, tanduk seimbang, kaki simetris, dan postur tubuh ideal. Selamat menunaikan ibadah qurban, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rakhmat dan karuniaNya kepada kita semua. Amin. (wn,xco)

Kategori: SYIAR ISLAM
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.