SDM INDONESIA TERBAIK KE-4 di DUNIA

(LINGGA POS) – Berdasarkan Indeks Dinamika Global 2013 dari Grant Thornton, Indonesia saat ini masuk ke dalam urutan lima besar dunia sebagai negara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik. Hasil survei yang dirilis Grant Thornton itu dirilis setelah menakar lingkungan pertumbuhan ekonomi dari 60 negara terbaik di dunia dan menempatkan Indonesia di posisi ke-4. Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani mengatakan, peluang bisnis Indonesia sangat kuat. Dengan memanfaatkan SDM yang tepat, maka Indonesia bisa meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan biaya. “Indonesia bisa melakukan itu, karena populasi yang ada sangat muda dan ambisius, rata-rata usia produktivitas ialah 28,5 tahun,” sebut Johanna. Dan, dalam hal ekonomi dan pertumbuhan, dia menilai Indonesia memiliki apa yang dibutuhkan oleh pasar, yaitu Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. “Indonesia juga mendapatkan keuntungan dari tenaga kerja dengan upah terjangkau yang memberi potensi pertumbuhan di tahun-tahun mendatang,” katanya. Seperti sejumlah kekuatan ekonomi yang baru muncul lainnya di kawasan Asia Pasifik, Indonesia dinilai memiliki kinerja baik dan melampaui kekuatan-kekuatan ekonomi yang sudah mapan di Eropa.

AUSTRALIA RANKING 1.  Terkait hasil survei, jika dilihat secara keseluruhan, Australia menduduki ranking pertama pada Indeks Dinamika Global 2013, namun Indonesia mendapat penilain lebih baik dari Australia terkait dengan beberapa faktor kunci, seperti presentasi jumlah penduduk berusia di bawah 30 tahun (Indonesia 54 persen, Australia 23 persen). “Lalu pertumbuhan produktivitas tenaga kerja dibandingkan dengan 2012 (Indonesia 79 persen, Australia 56 persen) dan pertumbuhan riil GDP dibanding 2011 (Indonesia 90 persen, Australia 70 persen,” tuturnya.

22 INDIKATOR.  Indeks Ekonomi Global sendiri dikerjakan oleh lembaga Survey Intelligence Unit (EIU) setiap tahunnya. Indeks ini menakar pertumbuhan lingkungan bersama dari 60 negara dengan ekonomi yang kuat di dunia berdasarkan 22 indikator dari 5 kategori. Dinamika mengacu pada perubahan-perubahan dalam sebuah negara dalam kurun waktu 12 bulan yang kemungkinan akan menuju ke tingkat pertumbuhan yang cepat dimasa mendatang. (ro,mtnc)

Kategori: NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.