MANFAAT PISANG BAGI KESEHATAN

(LINGGA POS) – Pisang, buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok. Tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika masak, meski pun ada juga beberapa diantaranya berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau hampir hitam. Ternyata, pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral dengan banyak manfaat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, yaitu sebagai :

  • Sumber tenaga : Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tingga dari apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibanding gula pasir dan sirop, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Pisang alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.
  • Kesehatan saluran pencernaan : Disamping mempunyai nilai energi tinggi, pisang juga mengandung serat sehingga kalau kita mengosumsinya dapat membantu mengatur sistem tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Disamping serat, pisang juga mengandung pektin yang dapat mencegah sembelit. Dengan rutin mengosumsi pisang juga dapat mengurangi risiko terkena kanker lambung.  – Memperlancar peredaran darah : Dalam buah pisang juga mengandung kalium dan potasium yang berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar dan juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya stroke dan dapat menormalkan tekanan darah.
  • Meningkatkan kesehatan otak : Dengan mengosumsi pisang secara rutin atau tiga kali sehari sebagai pencuci mulut, dapat meningkatkan daya tangkap dan kosentrasi Anda.
  • Menjaga kesehatan mata : Dengan mengosumsi sedikitnya 3 buah pisang setiap hari dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi manula.  Dan,
  • Menurunkan berat badan : Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan obesitas (berat badan berlebih, red), bisa coba dengan mengosumsi 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat, atau bisa dengan susu cair setiap hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu. Ini akan membantu menurunkan berat badan Anda secara alami. Kalorinya hanya 1.250 dan menu ini pas serta cukup untuk menyehatkan Anda. Nah, selamat menikmati. (is)
Kategori: ENTERTAIN, IPTEK
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.