RONALDO RAIH FIFA BALLON d’OR 2013

Zurich (LINGGA POS) – Christiano Ronaldo alias CR7, megabintang Real Madrid, Spanyol, terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia 2013 dan dianugerahi penghargaan bergengsi FIFA Ballon d’Or 2013 di markas FIFA di Zurich, Swiss, Selasa (14/1) dinihari waktu Indonesia barat. Dua rival terkuatnya dalam nominasi penghargaan itu Lionel Messi (Barcelona) yang digadang-gadang akan menerima FIFA Ballon d’Or yang ke-5 dan Franck Riberry (Bayern Munchen) yang mantan pemain Manchester United, harus puas di posisi ke-2 dan ke-3 peraih suara terbanyak. Tercatat, sepanjang 2013, Ronaldo memang tak meraih satu gelar pun, meski tak dipungkiri dia punya peforma paling bersinar dibanding kedua pesaingnya itu, utamanya dalam mengoleksi jumlah gol dan assist-nya. Tengok, dilaga play off Piala Dunia 2014 (dua bulan lalu) antara Portugal vs Swedia, dia mencetak gol fantastis, 4 gol tanpa balas dan hasil itu meloloskan timnas Portugal di ajang Piala Dunia 2014 di Brazil. Dengan penghargaan ini, maka setidaknya CR7 sudah mengoleksi 2 gelar FIFA Ballon d’Or, dimana sebelumnya didapatnya di 2008. Dia hanya menjadi runner up penghargaan itu pada 2009, 2011 dan 2012.

BERLINANG AIR MATA. 

Saat menerima penghargaan FIFA Ballon d’Or 2013 di atas panggung, yang diterima dari legenda bola dunia Pele, Ronaldo tak bisa membendung emosi kebahagiaan dan meneteskan air mata bahagia itu disaksikan oleh ibu, kekasihnya Irina Shayk (27) super model asalRusia dan putranya Christiano Ronaldo Jr yang ikut langsung mengirinnya ke atas panggung. “Aku ingin berterima kasih kepada semua kolega dan keluarga, karena ini adalah suatu kehormatan besar. Sangat sulit untuk memenangkan penghargaan ini,” kata Ronaldo. “Aku juga ingin berterima kasih kepada Presiden Real Madrid dan juga kepada banyak orang, karena mereka-lah aku bisa berada di sini,” tambahnya.

MESSI AKUI CR7 TERBAIK. 

Sementara Lionel Messi yang kali ini sebagai runner up mengakui keberhasilan Ronaldo, rival sejatinya itu. “Dia layak menerimanya dan dia yang terbaik disepanjang 2013. Ronaldo punya talenta yang hebat. Jadi tak ada lagi yang bisa saya katakan. Tahun lalu adalah tahun yang besar bagi kami bertiga, sehingga kami mampu bersaing di sini. Siapa pemenangnya, ia memang layak,” kata Messi dikutip dari Goal UK. Messi, yang bergelar La Pulga menargetkan untuk kembali jadi yang terbaik di 2014. “Mari berharap saya akan kembali ke ajang ini dengan pemain Barcelona dalam jajaran yang terbaik. Seperti tahun ini, empat pemain (Barcelona, red) masuk dalam FIFPro XI,” ucapnya.

PELATIH TERBAIK DUNIA 2013.

Dua pelatih hebat, Sir Alex Ferguson yang juga mantan manajer Manchester United dan pelatih Borussia Dortmund, Juergen Klopp, harus mengakui kehebatan Jupp Heyncjes. Pasalnya, mantan pelatih Bayern Munchen inilah yang berhak atas penghargaan Pelatih Terbaik Dunia FIFA 2013. Tahun lalu ia sukses besar mengantarkan FC Hollywood meraih 3 gelar, dan saat bersama Munchen Jupp mendapatkan Liga Champions, Bundesliga, Piala Jerman dalam satu musim. Kini, ia tak melatih di klub manapun alias sedang ‘istirahat’ usai musim yang luar biasa di Munchen itu. Posisinya di ‘Der Bavarians’ diambil alih oleh Pep Guardiola.

TIM TERBAIK FIFA FIFPRO 2013. 

Badan sepak bola dunia FIFA juga sudah mengumumkan Tim Terbaik FIFA FIFPro 2013. Tidak seperti tahun sebelumnya yang didominasi para pemain Barcelona dan Real Madrid, kali ini terdapat bintang peraih treble musim lalu yakni Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain (PSG).   Berikut susunan tim terbaik FIFA FIFPro 2013 : (Nama/Klub),  Kiper :  Manuel Neuer (Bayern Munchen), Defender : Dani Alves (Barcelona), Sergio Ramos (Real Madrid), Thiago Silva (PSG), Philip Lahm (Bayern Munchen), Xavi Hernandez (Barcelona), Franck Riberry (Bayern Munchen). Penyerang : Christiano Ronaldo (Real Madrid), Zlatan Ibrahimovic (PSG) dan Lionel Messi (Barcelona). (jk,l6,mtv,goal)

Kategori: MANCANEGARA, OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini: