DESA P. TIGA WAKILI KEPRI LOMBA PHBS TINGKAT NASIONAL

Ranai (LINGGA POS) – Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga, Natuna dipastikan mewakili Provinsi Kepri di ajang lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional yang akan ditaja pada Juni 2014. Desa Pulau Tiga berhasil keluar sebagai juara I pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung pada Desember tahun lalu dari seluruhnya 7 kabupaten/kota se-Kepri dimana tim penilainya adalah tim independen langsung dari pusat. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Desa Pulau Tiga, Nazri mengatakan, keberhasilan desanya meraih juara I di tingkat provinsi adalah berkat adanya dukungan dan partisipasi masyarakat yang dilakukan secara swadaya dan tanpa pamrih.

Pihaknya, lanjut Nazri segera melakukan berbagai persiapan dengan melakukan koordinasi bersama instansi terkait dan masyarakat umumnya dengan membangun sejumlah fasilitas seperti pembuatan gerbang utama, gapura pembatas dasawisma, lukisan  dengan tema PHBS dan atau aktivitas termasuk pembuatan pojok (ruang) bagi para perokok, renovasi ruang baca, tong sampah, septictank komunal, closet, baliho dan spanduk dan juga merenovasi ruang Sekretariat Usaha Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), dan sebagainya.

Mengenai besaran dana yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba PHBS Tingkat Nasional tersebut diperkirakan sebesar Rp178 juta. “Kita sangat mengharapkan bantuan moril maupun materil dari Pemkab Natuna. Karena kitakan membawa nama Kabupaten Natuna di kancah nasional. Dan kami optimis bisa menang karena adanya kekompakan masyarakat Desa Pulau Tiga dalam menata dan membina PHBS ini,” katanya.   Camat Pulau Tiga, Tabrani mengatakan, untuk cakupan rumah tangga yang ber-PHBS di Kabupaten Natuna tahun 2013 hanya sekitar 5,50 persen, dibanding di Kecamatan Pulau Tiga sebesar 3,61 persen. “Khusus untuk Desa Pulau Tiga, cakupan rumah tangga ber-PHBS pada 2013 sekitar 3,23 persen. Kita (Desa Pulau Tiga) pada 2014 ini akan mewakili Provinsi Kepri di lomba PHBS tingkat nasional pada bulan Juni 2014. Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dan mudah-mudahan berhasil mengharumkan nama daerah,” pungkasnya. (ph,an/tp)

Kategori: KEPRI
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.