PAWAI TA’ARUF MTQ KE-5 KABUPATEN LINGGA MERIAH

Dabo (LINGGA POS) – Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 tahun 2014 Kabupaten Lingga yang akan berlangsung pada 17 – 23/2-2014 di Dabo Singkep, Kecamatan Singkep diikuti oleh seluruhnya 9 kecamatan di Kabupaten Lingga. Pada gelar acara pawai ta’aruf yang berlangsung mulai 08.00 WIB, Senin (17/2), ribuan peserta dan penonton tumpah ruah memenuhi jalan-jalan di Kota Dabo, utamanya rute pawai yang dimulai di Jalan Merdeka – Jalan Pahlawan, lokasi pusat acara di Gedung Nasional, Dabo Singkep.

Kafilah tuan rumah mengikutsertakan berbagai elemen masyarakat termasuk dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lingga ikut turun ke jalan mengikuti pawai ta’aruf. “Kami merasa bahagia bisa ikut bersama umat Muslin memeriahkan pawai ta’aruf ini. Kita berdoa semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses,” kata Ibu Antonia Mado, salah seorang dari FKUB dari umat Kristen Katolik, Dabo. “Jumlah peserta yang akan bertanding dalam MTQ ke-5 Kabupaten Lingga sebanyak 207 orang dari 9 kecamatan. Mereka akan mengikuti 12 cabang yang dilombakan,” kata Kepala Bagian Kesra Setdakab Lingga, Jaya Atmajaria. Dirincikannya beberapa cabang yang dilombakan tersebut antara lain tilawah untuk golongan anak, remaja dan dewasa baik perempuan maupun laki-laki seperti fahmil, syarhil, hifzil, tartil danqiraat sabah dan perlombaan seni budaya Islam lainnya seperti rebana, kaligrafi dan karya tulis,” terang Jaya.

JUARA AKAN DIIKUTKAN KE MTQ KE-5 TINGKAT PROVINSI.

Para juara di MTQ ke-5 Kabupaten Lingga ini nantinya akan diikutsertakan ke ajang MTQ tingkat provinsi Kepri yang akan ditaja pada 21 – 27 Maret 2014 di Kabupaten Karimun. Di sini 7 pesesta dari kabupaten dan kota di Kepri akan bersaing untuk menjadi wakil Kepri di ajang MTQ Nasional ke-25 tahun 2014 yang kebetulan dilaksanakan di Kota Batam, Provinsi Kepri pada medio Juni 2014. Pusat kegiatan acara MTQ di lokasi Lapangan Engku Putri, Batam Centre, telah selesai dibangun dengan berbagai fasilitas dan sarana penunjang dan diperkirakan rampung pada tengah Maret 2014. Dalam MTQ Nasional ke-25 ini, Provinsi Kepri akan bersaing bersama menjadi yang terbaik dengan seluruhnya 34 provinsi di Indonesia pada bulan Juni 2014, yang pembukaannya akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. “Kita berharap MTQ Nasional ke-25 di Kepri berlangsung dengan tiga sukses. Yakni sukses sebagai penyelenggara, sukses acaranya, dan sukses prestasi. Sukses prestasi yang dimaksud adalah, Kepri menargetkan bisa menjadi juara umumnya,” kata Gubernur Kepri HM Sani. (arn,ph, af)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.