6 TEROBOSAN BARU PIALA DUNIA 2014

(LINGGA POS) – Seiring perkembangan zaman dan teknologi, banyak kemajuan yang dibuat pada perhelatan Piala Dunia (PD) 2014. Setidaknya ada 6 terobosan yang akan terjadi di PD 2014, yakni :  
1. Teknologi Garis Gawang. Pertama kali penerapan teknologi garis gawang di PD 2014 melalui perdebatan panjang menggesakan penggunaan teknologi ini supaya kedepannya tak ada lagi gol-gol kontroversial. FIFA menggunakan teknologi garis gawang pada PD antar klub 2012 di Jepang.  Mereka kembali menguji lagi di level internasional pada perhelatan Piala Konfederasi tahun lalu.   2. Vanishing Spray. Pada PD 2014 kita bakal melihat wasit membawa botol spray yang nantinya digunakan untuk menandai posisi tendangan bebas atau pagar yang dibuat pemain. Material spray itu adalah busa yang akan hilang dalam beberapa menit.  
3. Jersey (seragam). Terobosan baru dibuat oleh salah satu produsen jersey atau kostum untuk PD 2014. Mereka tak hanya membuat jersey yang nyaman dipakai, namun juga memiliki teknologi untuk menjaga kondisi fisik pemain.
Produsen menggunakan bahan spesial yang mampu memaksimalkan kerja otot namun tetap menjaganya dari kekalahan.  
4. Bola. ‘Brazuca’ adalah bola resmi untuk PD 2014. Ini adalah pengembangan dari ‘Tango 12′ yang menjadi bola resmi Piala Eropa 2012. Salah satu teknologi yang ditawarkan, berat bola tersebut tak akan berubah dalam kondisi cuaca apapun. Untuk pengembangan bola ini Adidas selaku produsen telah melakukan ujicoba berkala selama 2 tahun belakangan. Brazuca dibuat di Sialkot, Pakistan.  
5. Sepatu. Jelang PD 2014, produsen pelengkap olahraga berlomba-lomba membuat sepatu anyar sekaligus canggih. Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya sepatu yang menyatu dengan kakus kaki.  
6. Penentuan nama bola resni lewat voting. Ini adalah kali pertama nama bola resmi PM dipilih melalui voting. Brazuca terpilih, setelah mendapat 77 persen suara mengungguli dua nama lain, yakni Bossa Nova dan Carnavalesca. (art/vb)

Kategori: OLAHRAGA Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: