3 KABUPATEN DI KEPRI TERIMA PENGHARGAAN DARI KEMENKEU RI

Tanjungpinang (LINGGA POS) – Tiga daerah Kabupaten di Kepri menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI sebagai daerah yang mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2013 berdasarkan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2013. Terdapat sebanyak 123 daerah baik kabupaten maupun kota se-Indonesia yang menerima penghargaan sebagai WTP dan tiga diantaranya adalah dari Provinsi Kepri. Ke-3 penerima penghargaan WTP dari Kepri tersebut adalah Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Karimun. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono didampingi Menteri Keuangan M. Chatib Basri sempena Kerja Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013 di Gedung Dhanapala Kemenkeu RI, Jakarta, Jumat (12/9).  
“Saya minta kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, bupati, walikota, agar menginstruksikan seluruh jajaran dibawahnya untuk menyiapkan langkah-langkah implementasi akuntansi berbasis ‘akrual’ dengan sebaik-baiknya di tahun 2015 nanti,”kata Boediono dalam sambutannya.
Saat ini lanjutnya, pemerintah pusat sedang mengembangkan modernisasi sistem pengelolaan keuangan negara melalui sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) yang difungsikan untuk melakukan sistem perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).   
Seperti diketahui, Akrual adalah suatu metode akuntansi dimana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat ketika transaksi terjadi, bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi diterima atau dibayarkan. (arn,ap)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: