MOBIL ‘PRESIDEN TERMISKIN di DUNIA’ DITAWAR RP12 MILIAR

(LINGGA POS) – Jika dengan menjadi orang penting dan terkenal bisa meningkatkan kekayaan, rupanya hal itu tak berlaku bagi Jose Mujica, Presiden Uruguay yang sangat bersahaja. Bahkan pria yang dilantik menjadi orang nomor 1 di Uruguay itu juga pernah mendapat julukan sebagai ‘Presiden termiskin di dunia’. Agaknya, julukan itu bukan tanpa alasan. Mujica yang lahir pada 20 Mei 1935 memang telah dikenal dengan gaya hidupnya yang sangat sederhana. Tak hanya itu, di dunia otomotif dia dikenal sebagai presiden yang eksentrik. Pasalnya, adalah gara-gara dia memiliki mobil antik Volkswagen Beetle sebagai kendaraan operasionalnya sehari-hari. Namun, kabar yang mengejutkan kini beredar bahwa sang kepala negara tersebut mengaku kalau mobil klasik kesayangannya itu telah ditawar dengan harga yang sungguh fantastis.   
Dilansir dari BBC Jumat kemarin, mobil yang dikenal di Indonesia dengan nama VW Kodok ini ditawar oleh seorang Sheikh dengan bandrol US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar! Kepada majalah mingguan Busqueda, Mujica mengatakan bila dia menerima tawaran itu maka hasil penjualan mobil akan disumbangkan untuk membantu masyarakat miskin di negaranya. Salah satunya untuk program pembangunan perumahan bagi golongan tunawisma.

Menurut Busqueda, tawaran tersebut diberikan saat acara puncak pertemuan negara-negara G77+ China Summit yang berlangsung di Santa Cruz, Bolivia awal 2014 lalu. “Dulu pernah ada duta besar Meksiko yang menawar mobil saya. Awalnya, saya sedikit terkejut. Namun tidak saya tanggapi secara serius. Tapi kemudian tawaran lain datang dengan nominal yang lebih besar. Saya berpikir, banyak proyek pembangunan yang bisa terwujud dengan nominal sebesar itu,” ka a Mujica kepada Busqueda. Dia mengaku kini tidak terlalu berkomitmen dengan mobil yang saat ini masih ia gunakan dan akan dengan senang hati melelangnya.    Sebelumnya ia pernah bergurau bahwa alasan untuk tidak menjualnya, karena mobil berkelir biru muda itu dipakai untuk mengajak jalan-jalan anjingnya yang memiliki tiga kaki.   
Sekedar informasi, pada 2010 Mujica dan para pejabat Uruguay diwajibkan memberikan seluruh harta kekayaan mereka. Ternyata, mobil VW Kodok keluaran 1987 hanya dihargai sekitar US$ 1.800 atau sekitar Rp 22 juta, tak lebih dari harga Yamaha V-Ixion dan Honda StreetFire. (kc,hm/vn)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.