INI 10 HEWAN YANG PERNAH KE LUAR ANGKASA

(LINGGA POS) – Ternyata, perjalanan ke luar angkasa (antariksa) tidak hanya di dominasi oleh manusia saja. Hewan pun telah ikut berperan serta ikut berpartisipasi mengembangkan ilmu pengetahuan bagi kehidupan makhluk lainnya di dunia. Memang, mereka dimanfaatkan oleh manusia yang berakal sebagai bahan ujicoba dan hal itu (peluncuran hewan ke antariksa) sudah di mulai sejak 1974.    Tercatat, setidaknya ada 10 jenis hewan yang pernah merasakan penjelajahan fantastis di luar atmosfir bumi, menjadi astronot baik sendiri maupun bersama rekannya manusia melalang buana ke luar angkasa. Berikut daftarnya, 
1. Lalat Buah. Hewan ini dikirim ke luar angkasa pada 1974. Ia menjadi makhluh hidup pertama ke antariksa dan kembali dengan keadaan selamat wal’afiat ke bumi. 
2. Monyet. Ia adalah pelancong yang paling sering ke luar angkasa. Monyet pertama yang beruntung adalah Albert I, ia menjadi objek ‘misi rahasia’ untuk mengukur dampak paparan radiasi.  Albert I berangkat pada 11 Juni 1948. NASA, menjulukinya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa para astronot hewan. Ia menjadi pionir ujicoba penerbangan luar angkasa monyet rhesus, yang kemudian semuanya dinamai dengan Albert.   Kemudian menyusul monyet bernama Yurich, yang merupakan monyet pertama yang selamat dari ujicoba penerbangan ke antariksa pada 1959. 
3. Tikus. Ia menjadi objek studi sains, dengan memulai petualangan ke antariksa ketika menjadi pendamping Yurick. Tikus bernama Hector ini berasal dari Prancis berangkat ke luar angkasa pada 1960. Tercatat pada 1980-an tikus albino kemudian menjadi pilihan yang lebih disukai dikirim ke antariksa. 
4. Anjing. Laika, anjing yang menjadi perhatian dunia ketika ia diluncurkan ke antariksa oleh negara Uni Soviet pada 3 November 1957. 
5. Kelinci. Kelinci pertama ke luar angkasa bernama Marfusa yang juga dikirim Uni Soviet pada 1959.  6. Kadal. Masih di tahun 1959, kembali Uni Soviet mengirim sepasang kodok yakni kodok banteng, dalam misinya ke luar angkasa. 
7. Guinea Pig. Hewan pengerat lucu ini ternyata sudah dikirim ke luar angkasa pada 1960-an. 
8. Kucing. Awalnya, kucing bernama Felix diplot oleh Prancis menjadi kucing astronot pertama. Ternyata sesaat sebelum mengudara ia kabur. Lalu digantikan oleh Felicette. Sang kucing sukses meninggalkan bumi sebagai kucing pertama ke luar angkasa. 
9. Kura-kura. Lagi, Uni Soviet memilih kura-kura dalam misi luar angkasanya pada 1968. Dan, 10. Kadal Air.
10 ekor kadal air dengan ekor terputus dikirim ke antariksa sebagai bagian studi regenerasi untuk memahami cedera pada manusia. (ikhsan suryakusumah/ic)

Kategori: LINGGA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.