RP 16 TRILIUN UANG DINAS & RAPAT DIALIHKAN KE SEKTOR PRODUKTIF

Bogor (LINGGA POS) – Presiden RI Joko Widodo akan memangkas anggaran dinas dan rapat tahun depan. Jumlah anggaran yang dipangkas itu mencapai Rp16 triliun. Dana pemangkasan akan dialihkan untuk sektor yang produktif. “Ya, semuanya untuk mendukung prioritas infrastruktur. Insfrastruktur juga ada prioritasnya. Kemudian yang terkait produksi pangan, ada pembangunan irigasi, waduk dan yang lain,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago usai rapat koordinasi presiden dan gubernur di Istana Bogor, Senin (24/11).  
Presiden menjelaskan, anggaran dinas dan rapat tahun 2015 mencapai Rp41 triliun. Jumlah itu tidak efisien, makanya dipangkas Rp16 triliun. Kebutuhan anggaran rapat dan dinas hanya sekitar Rp22 triliun, jadi alokasi anggaran Rp25 triliun itu dinilai sudah lebih dari cukup.  
Namun, Andrinof belum bisa memastikan anggaran hasil penghematan tersebut akan diberikan dalam bentuk tunai ke daerah atau melalui mekanisme lainnya. Belum juga ditentukan apakah lewau Dana Alokasi Umum (DAU) atau transfer daerah atau ada sumber tambahan dana dari sektor lainnya. (dor/mtv)

Kategori: NASIONAL Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.