INI, LAGU INDONESIA yang TERKENAL di LUAR NEGERI

(LINGGA POS) – Siapa yang tak kenal dengan lagu keroncong ‘Bengawan Solo’ karya cipta Gesang Martohartono? Konon, pemerintah Jepang telah membayar royalti lagu tersebut sebesar Rp80 – Rp100 juta kepada penciptanya melalui Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Indonesia yang memiliki tugas dan fungsi menangani masalah yang berkaitan dengan hak cipta dan royalti. Keberadaan LMK sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang disahkan DPR RI pada 16 September 2014.  
Lagu Bengawan Solo memang diminati Jepang karena bangsa Jepang menggemari lagu-lagu bertema alam. Lagu Indonesia lainnya yang juga populer di Negeri Sakura itu adalah ‘Berita Kepada Kawan’ karya Ebiet G. Ade. Lagu ini bahkan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang.  
Berikut, lagu-lagu Indonesia yang sudah terkenal dan populer di luar negeri dilansir dari majalah Armanees, Minggu (14/12), 

– NINA BOBO.
Lagu ini sering disenandungkan saat seorang ibu menidurkan anaknya, dan ternyata telah dinyanyikan oleh penyanyi asing seperti Anneke Gronlog, Wieteke van Dort, Li Xiao Mei dan terbaru oleh Claudia Patacca & Gerrit Ellen dalam sebuah orkestra di Belanda. Menariknya, lagu ini dinyanyikan tanpa mengubah liriknya dari bahasa aslinya Indonesia.

– SEPHIA.
Melalui album ‘Kisah Klasik Masa Depan’ dengan single andalan berjudul ‘Sephia’, kepopuleran grup band Sheila on 7 semakin meroket berkat lagu ini. Penyanyi Taiwan Qi Pin mengcover ulang lagu itu menjadi ‘Sophia’ dan dinyanyikan dengan lirik Mandarin.  – SEMPURNA.  Lagu yang dinyanyikan Band Andra and the Backbone dan dipopulerkan oleh Gita Gutawa ini juga menarik perhatian dunia. Adalah Nicholas Teo, yang kemudian menyanyikan lagu itu dalam bahasa Mandarin. Menariknya, kata ‘Sempurna’ tetap dipakai kecuali liriknya dengan bahasa Mandarin. 

– TEMAN TAPI MESRA (TTM).  Lagu yang dipopulerkan Duo Ratu (Maia Estianty dan Mulan Jameela) ini ternyata cukup dikenal di luar negeri. TTM dinyanyikan oleh Ladylake, penyanyi asal Swedia dengan judul ‘Dreaming of the Time’.  –

CARI JODOH. 
Grup band Wali sangat beruntung karena lagu ini dicover ulang oleh Fabrizio Faniello, penyanyi asal Malta, Eropa dan bahkan menempati urutan lagu teratas setelah diaransemen ulang dan dirombak ke dalam bahasa Inggris. (jk,tom/jb)

Kategori: ENTERTAIN Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: lagu indonesia terkenal di jepang, band lingga indonesia, band luar yang paling di minati di indo, lagu yg terkenal islam di indonesia dri luar ngri, lagu asal indonesia yang diminati luar