5 MATA UANG yang TAK PERNAH KALAH DENGAN DOLLAR AS

(LINGGA POS) – Kalau negara kita masih suka galau dengan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap mata uang negara lain terutama dengan mata uang negara adi daya Amerika Serikat (AS), sepertinya bangsa ini harus mencontoh negara lainnya. Nah, 5 negara di bawah ini misalnya, justru tak pernah risau dengan dolar AS karena nilai mata uang mereka tetap gagah perkasa walaupun inflasi melonjak dimana-mana.  Ke-5 negara yang itu adalah, 
1. Bahamian dollar – nilai tukarnya 100 persen dengan kurs AS.
Bahamas, negara kepulauan yang luasnya tidak sampai seperti Pulau Jawa ini, dulunya juga pernah dijajah ratusan tahun oleh negara lain. Bedanya, mata uang Bahamas, Bahamian Dollar, tidak akan bisa digeser dolar AS (US$). Pasalnya, nilai tukar Bahamian Dollar sama persis dengan kurs US$. 
2. Jordanian Dinar – Bahkan US$ kalah dengan Jordanian Dinar.
Meski dengan wilayah yang panas membahana, tapi nilai tukar mata uangnya tetap ‘adem ayem’. Believe or not, 1 Jordanian Dinar bahkan bisa mencapai US$1,6. Ini buktinya tidak harus punya peralatan perang yang dahsyat, cukup punya kurs yang kuat maka negara akan aman tentram, perekonomian terkendali. 
3. Brunei Dollar – Raja minyak tak mau kalah dan takluk dengan Paman Sam.
Kecil-kecil cabe rawit. Negara yang satu pulau dengan Kalimantan ini nilai tukar mata uangnya US$1 = 1 hingga 1,5 Brunei Dollar (BND). Ini bukti kekuatan ekonomi negara petro dollar di Asia ini nilai tukar mata uangnya tidak pernah anjlok sepanjang sejarah. 
4. Fijian Dollar – Negara mini tetapi kursnya selangit.
Mencari negara Fiji tak ubahnya mencari jarum ditumpukan jerami. Namun, walaupun letaknya di tengah samudera dengan luas sulit dijangka Fiji punya mata uang yang nilai tukarnya stabil. Jika Anda libur ke Fiji, Rp6.000 sama dengan US$1 dibanderol 1,97 Fijian Dollar. 
5. Panamanian Balboa Dollar – Terusan Panama, nama ini tentu familiar sekali untuk pelajaran IPS di masa SD dan SMP setelah terusan Suez. Namun, Anda kenal dengan negara Panama? Letaknya di Amerika Selatan. Negara kecil yang bukan berarti ekonominya labil. Tak terpengaruh lonjakan kurs US$. 1 Panamanian Bolboa = US$1. Bukan negara besar di banding Indonesia, namun nilai tukar mata uangnya sama dengan negara besar adidaya sekaliber AS. (arn,kks.c)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: mata uang brunei tidak terpengaruh dollar, mata uang yang tidak terpengaruh dolar amerila, negara yang terpengaruhi dolar, Negara yang tidak tepengaruh, negara yg tidak terpengaruh dgn dolar as