TRIK JITU CEGAH PENYAKIT JANTUNG

(LINGGA POS) – Kematian akibat penyakit jantung dapat dicegah dengan rutin mengosumsi buah dan sayur berwarna merah. Sejumlah penelitian membuktikan, buah dan sayuran berwarna merah baik bagi kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayuran berwarna merah memiliki sipat antidioksidan dan kaya lycopene yang mampu membuat jantung senantiasa sehat sehingga kita pun terhindar dari penyakit jantung.  
Penyakit jantung dapat terjadi bila tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi. Agar itu tidak terjadi, sejumlah ahli menyarakan supaya mengosumsi buah dan sayuran berwarna merah seperti ceri, tomat dan apel dan buah dan sayuran berwarna merah lainnya yang mempunyai manfaat besar bagi kesehatan kita seperti dikutip dari Boldsky, edisi tengah Maret lalu, yakni : 
– Anggur Merah.
Buah berwarna merah ini dapat membantu mengurangi kolesterol buruk (LDL) dari dalam tubuh dan baik bagi pembuluh darah serta mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah kerusakan otot jantung. 

– Delima.
Buah delima adalah buah berwarna merah dengan kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi dengan rasa yang manis dan kaya serat. Minum segelas jus buah delima setiap hari akan membantu Anda menghilangkan plak dan juga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. 

– Ceri.
Buah ini mengandung antidioksidan yang cukup kuat disebut anthocyanin sehingga membuat buah berwarna merah ini tampak terang. Ceri membantu menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol serta mengurangi peradangan dan dapat terhindar dari penyakit jantung.

– Paprika merah.
Sayuran berwarna merah ini mengandung vitamin B6 dan asam folat yang sangat tinggi, mampu membantu seseorang mengurangi risiko pengerasan arteri atau disebut aterosklerosis. Paprika merah mengandung lycopene yang dapat mengurangi kadar LDL dan kaya kalium. 

Jadi, mulai saat ini kosumsilah buah dan sayuran berwarna merah ini agar Anda terhindar dari penyakit jantung. (l6)

Kategori: IPTEK Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: