INI 10 NEGARA PALING KORUP di DUNIA

image

(LINGGA POS) – Setiap tahun, koalisi anti korupsi global atau Transparency International melansir daftar Corruption Perception Index-sebuah hasil survei-mengenai negara yang terkorup menurut persepsi warga dunia. Studi ini dilakukan terhadap 168 negara termasuk Indonesia dan memberi rating nilai 0 hingga 100 kepada setiap negara, tergantung tingkat korupsi yang pernah dilakukan.    Berikut 10 negara terkorup di dunia, seperti dilansir dari Business Insider akhir Januari lalu. Dimulai dari :   
10. Israel. Negara ini mencetak nilai 61 dari 100 poin survei. Skandal korupsi terbesar terjadi pada 2015 saat mantan Perdana Menteri (PM) Ehud Olmert terbukti bersalah mendapatkan uang US$150 ribu dari perusahaan properti asal Amerika Serikat.  

9. Slovenia. Terdapat beberapa skandal korupsi besar di negara ini. Pada 2013 dan 2014, protes besar-besaran terjadi menuntut PM Janez Janza dan pemimpin oposisi Zoran Jankevic yang dituduh menyembunyikan aset pribadi mereka yang sebenarnya.  

8. Republik Ceko. Nilai yang didapat negara ini adalah 56, naik 4 poin dari tahun lalu atau diposisi 51. Ini dikarenakan banyaknya skandal politik yang terjadi dan menyeret PM Petr Necas.  

7. Korea Selatan. Korupsi merupakan masalah besar di negara ini. Pada 2015, PM Lee wan-koo dipaksa mengundurkan diri (April) setelah dituduh menerima suap dalam kasus bunuh diri seorang pengusaha terkemuka. Korea Selatan mendapat poin 56 dari indeks 100.  

6. Hungaria. Hungaria telah menjadi negara lebih korup dalam satu tahun terakhir. Tindak korupsi yang paling sering dilakukan adalah memberikan dokter dan ahli bedah suap dalam tiap praktiknya. Masyarakat bahkan telah menganggap tindakan ini merupakan tindakan normal.  

5. Slovakia. Dalam beberapa tahun terakhir, kasus ‘Gorilla Scandal’ berkembang pesat di Slovakia. Ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh praktisi, pejabat dan eksekutif bisnis untuk memberi suap demi mendapatkan kontrak.  

4. Yunani. Tindak korupsi di negara ini telah membludak sejak survei yang diadakan tahun lalu. Dikenal dengan istilah ‘fakelaki’, warga Yunani biasa memberikan suap agaq mampu mendapatkan servis yang lebih baik.  

3. Italia. Korupsi di negara spageti ini dan negara yang dianggap pemangku ekon6i Eropa ini biasanya diasosiasikan dengan kehadiran PM Silvio Berlusconi. Ia telah dijerat dengan tindak pidana korupsi berkali-kali dan telah terbukti menyuap seorang senator pada tahun lalu.  

2. Turki. Pada 2014, negara ini dikejutkan dengan kasus tindak pidana korupsi masif yang terkuak melibatkan sejumlah nama pejabat yang terbukti bersalah dengan ikut serta dalam tindak pencucian uang (money loudry), penipuan hingga penyuapan.  

1. Meksiko. Peringkat pertama diberikan pada Meksiko. Negara Sombrero ini diketahui merupakan gudang alat-alat terlarang yang biasanya diselundupkan ke beberapa negara termasuk antara lain ke Amerika Serikat. Tingkat kriminalitas di Meksiko juga tergolong tinggi. (vna/ndw/l6).

Kategori: MANCANEGARA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.