DINKES LINGGA GELAR PIN 2016 MULAI 8 – 15 MARET 2016

image

Daik, LINGGA POS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga menggelar kegiatan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) mulai 8 hingga 15 Maret 2016 yang akan berlangsung di 10 kecamatan di 172 Pos Pelayanan yang disediakan di setiap daerah. Kepala Dinkes Lingga Ignasius Luti mengatakan pihaknya menargetkan setidaknya sebanyak 11.200 anak usia 0 hingga 59 bulan akan mendapat vaksinasi polio melalui program nasional ini. “Jumlah balita yang jadi target PIN di seluruh Lingga sebanyak 11.200 orang yang akan mendapat vaksinasi polio,” kata Luti, Senin kemarin.   
Seperti diketahui, pemberian vaksin polio dalam PIN 2016 yang dilakukan secara nasional menggunakan vaksin tetes. “Bukan vaksin polio suntik dan tidak mengandung babi seperti yang dikuatirkan masyarakat. Pada bungkus vaksin polio tersebut bertuliskan “Oral Polio Vaccine” yang diproduksi oleh Biofarma. Jadi bukan yang diisukan seperti ada tulisan terkait bahwa bersumber babi,” ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi.  
Program nasional ini juga mendapat dukungan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sesuai fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi yang ditetapkan pada 23 Januari 2016. Vaksin polio diberikan kepada anak usia 0 – 59 bulan dengan tujuan mencegah anak-anak tertular virus polio. Sehingga dengan imunisasi polio ini masyarakat akan mendapatkan kekebalan yang tinggi dan dapat mempertahankan status Indonesia Bebas Polio. (arn/l6)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: