AWE : APRIL DEPAN BIBIT PADI DI LAHAN SAWAH DESA SUNGAI BESAR SIAP DITANAM

image

Sei Besar, LINGGA POS – Bupati Lingga Alias Wello (Awe) langsung menyambangi lokasi lahan percetakan sawah di Desa Sungai Besar. Direncanakan penanaman bibit padi unggulan di daerah tersebut dari jenis IPB 3s dan Inpari tipe 15, 20, 22, 25 dan 29 sudah dapat ditanam pada  awal April 2016.
Sebelumnya di lokasi yang mencapai 723 hektar lahan sawah sudah stand by berbagai peralatan alat berat (traktor) dan ‘ricemilling’ dan bibit-bibit padi. Diharapkan nantinya Lingga akan dapat menjadi sentra padi di Kepri.  
Menurut Awe, pada tahun pertama atau mulai April depan penanaman bibit dilakukan di lahan seluas 10 hektar-yang saat ini dalam proses pengerjaan- dari luas awal mencapai 100 hektar. “Kita sudah mendatangkan sebanyak lima belas orang tenaga ahli dari Palu yang nantinya akan memberikan sosialisasi dan mengajarkan cara menanam padi yang benar kepada penduduk tempatan.
Sehingga nanti mereka mampu dan dapat mandiri dalam mengolah sawah tersebut,” kata Awe didampingi Kepala Desa Sungai Besar, Nazaruddin.

“Kita targetkan dalam satu hektar dapat menghasilkan empat ton padi. Kita tanami di lahan sepuluh hektar dulu dan selanjutnya hingga seratus hektar dari seluruhnya luas lahan yang tersedia 723 hektar,” tambahnya. 
Sementara untuk irigasi dan drainase serta sarana dan prasarana jalan hingga dari dan ke Desa Pancur menurut Awe akan dibantu dari dana APBN, termasuk penyediaan pupuk dari pihak Provinsi Kepri. (syk,af/bp)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: perkembangan sawah d desa sei besat ksb lingga