KAPAL PESIAR TERBESAR DI DUNIA DIUJICOBA

image

Perancis, LINGGA POS – Harmony of the Seas, kapal pesiar terbesar di dunia saat ini, mulai melangsungkan pelayaran percobaannya yang pertama di Perancis barat. Ribuan orang berkerumun untuk menyaksikannya di pelabuhan Saint-Nazaire, ketika kapal yang tingginya mencapai 70 meter itu dipandu ke laut oleh kapal tunda, awal Maret lalu.  
Dalam tempo dua bulan, kapal berbobot 120.000 ton tersebut dijadwalkan dikirim kepada perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Pelayaran ujicoba itu akan berlangsung sekitar tiga hari.  
Dengan terdiri atas 16 dek, kapal dengan panjang 362 meter – lebih panjang 50 meter – dibanding tinggi menara Eifel – dan lebar lebih dari enam kali panjang lapangan sepakbola. Kapal pesiar terbesar ini setidaknya bisa menampung lebih dari 6.000 penumpang dengan sekitar 2.000 awak (ABK) siap melayani semua kebutuhan penumpangnya.  

“KAPAL” TERBESAR DI DUNIA DILUNCURKAN.
Sebelumnya pada Desember 2015, ‘kapal’ terbesar di dunia juga telah diluncurkan. Memiliki panjang 488 meter – bandingkan gedung Empire State 443 meter – kapal yang diberi nama Prelude, yang dibuat oleh produsen kapal Korea Selatan, Samsung Heavy Industries dan diletakkan di Geoje, akhir November lalu. Prelude, hanya bisa bergerak dengan ditarik meskipu menggunakan bahan bakar sendiri. Kapal terapung ini berbobot 600.000 ton dengan fasilitas dapat digunakan memproduksi 3,6 juta ton gas cair per tahun dengan tangki penyimpan kapasitas sama dengan 175 kolam renang Olimpiade.  
Kapal ini dibuat untuk perusahaan energi Belanda, Shell dan dioperasikan di lepas pantai barat daya Australia selama 25 tahun.    Sejumlah analis mengatakan kepada Reuters, Prelude memang didesain untuk bertahan meski dalam kondisi cuaca buruk, termasuk topan dengan kategori terdahsyat sekali. Harganya? Antara US$10,8 miliar – US$12,6 miliar ! (bbci)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: kapasitas tengki bbm kapal pesiar