LAUT CHINA SELATAN ‘MEMANAS’

Jakarta, LINGGA POS –
TNI DIMINTA TAMBAH PASUKAN Di NATUNA.

image

Kawasan perairan Natuna, Provinsi Kepri kembali memanas menyusul penangkapan kapal nelayan Tiongkok oleh pemerintah Indonesia. Tiongkok mengklaim nelayannya masih berada di wilayah teritorialnya. Anggota Komisi I DPR RI Marius Gea mendesak agar pemerintah lebih tegas terhadap klaim negara tirai bambu tersebut, karena jelas telah masuk dalam wilayah teritorial Indonesia. “Itu sudah melanggar kelautan kita, karena itu TNI harus tegas,” kata Marius, Rabu (23/3).  
Dia bahkan minta pemerintah menambah pasukan militer di perairan Natuna sehingga Tiongkok menyadari kesalahan nelayannya telah memasuki secara ilegal wilayah NKRI.   Situasi di laut China Selatan kembali memanas pasca penangkapan nelayan Tiongkok di wilayah itu dimana para nelayan di dunia dilindungi aparat Tiongkok dan menyerang balik kapal patroli milik aparat Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Insiden itu membuat Kemenlu RI, Kementerian KP RI dan Menlu RI langsung melayangkan protes kepada Kedubes Tiongkok. Menyusul kemudian penjagaan yang diperketat  di kawasan tersebut oleh TNI termasuk Lanud Roesmin Nurjadin (LRN) Pekanbaru, Riau. (l6)

Kategori: KEPRI, NASIONAL Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: berita harian china tentang siituasi politik china ri pasca insiden natuna?, situasi terkini di laut natuna pasca insiden ri-china