ANDA BERMINAT JADI PERWIRA TNI AU ? INI SYARATNYA

Jakarta, LINGGA POS – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) kembali membuka pendaftaran bagi calon-calon perwira baru. Waktu pendaftara dibuka selama 2 bulan sejak 1 Maret lalu. “Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 31 April 2016. Untuk wilayah Malang, meliputi daerah Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Blitar. jombang, Kediri dan Banyuwangi,” kata Kasi Binperman Mayor Adm Sugianto, dalam siaran pers TNI AU dirilis dari Merdeka.com, Kamis (3/3).
Bagi Anda yang ingin mendaftar, persyaratan yang harus dipenuhi adalah : lulusan SMA/MA tahun 2010 dengan nilai minimal 6,5 dan diperbolehkan hanya 1 mta pelajaran (MP) nilai di bawah 6 dengan batas bawah 5,4 di dalam kolom ujian nasional (UN).
Lulusan tahun 2011 nilai akhir rata-rata IPA minimal 7 tidak ada nilai MP di bawah 6 di dalam kolom nilai akhir man lulusan SMA tahun 2012, nilai akhir IPA minimal 7,25 tidak ada nilai MP di bawah 6.
Sementara untuk SMA/IPA tahun 2013 nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,87 dan lukusan SMA/MA tahun 2014 nilai akhir IPA minimal 6,25 serta lulusan SMA/MA tahun 2015 nilai UN IPA minimal 60.00 tidak ada nilai MP di bawah 40.00 di dalam kolom nilai UN. Sedangkan untuk lulusan tahun 2016 akan diberitahukan lebih lanjut.    
Persyaratan lainnya : WNI, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, usia pada saat pembukaan pendidikan pada 1 Agustus 2014 serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun. Tidak memiliki catatan kriminal dan harus mempunyai surat keterangn kepolisian (SKCKP). Sehat jasmani dan rohani. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam masa pendidikan. Mempuyai tinggi badan minimal 165 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita serta memiliki berat badan yang seimbang. Bersedia melaksanakan ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira PK TNH AU dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Bagi yang belum berusia 21 tahun, harus ada persetujuan dari orang tua atau wali.   
Dalam penerimaan calon Taruna/Taruni ini, panitia tidak memungut biaya apapun dan bagi orang tua atau wali bersedia menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan kepada pihak manapun (bermeterai).  

image

PENDAFTARAN :
Untuk pendaftaran dengan menggunakan sistem online di situs : www.au.rekruumentni.net. Kemudian calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai rayon dengan membawa dokumen asli dan menyerahkan berkas fotocopy masing-masing 2 lembar untuk keperluan validasi pendaftaran berupa : fotocopy akta kelahiran, ijazah terakhir, bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas 3 SMA/MA.
Kemudian fotocopy KTP calon dan KTP orang tua, pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lemcr dan membawa print out pendaftaran secara online atau datang langsung ke tempat pendaftaran Binpers Lanud Abdul Rahman Saleh. Selamat mengikuti dan semoga Anda sukses. (arn/mdk)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: profil masa pendidikan TNI AU disolo 2016, tempat pendidikan tni au disolo