BLK PEMPROV KEPRI GELAR PELATIHAN TEORI DASAR LISTRIK GRATIS DI LINGGA

image

Daik, LINGGA POS – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri bekerja sama dengan pihak Balai Latihan Kerja (BLK) Pemprov Kepri menggelar pelatihan teori listrik dasar bagi warga Dabo Singkep, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.
Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Disnakertrans Kepri Syuzarlis Sood yang juga menjabat Kepala TU BLK Pemprov Kepri mengatakan dalam pelatihan perdana ini pihaknya menyertakan 15 orang peserta dengan waktu seluruhnya selama 240 jam pelajaran. “Ini sebagai salah satu bagian dari program jemput bola yang kami laksanakan di berbagai daerah di 7 kabupaten/kota di Kepri. Memang setiap tahunnya kita membuka pendaftaran pelatihan kepada mereka yang berminat diberbagai disiplin ilmu untuk meningkatkan keahlian mereka. Menyusul nanti pelatihan yang sama kita laksanakan di Daik, Lingga dan diberikan secara gratis,” ungkap Syuzarlis di Dabo, Rabu kemarin.  
Peserta pelatihan, lanjut dia, akan dilatih dengan teori dasar listrik meliputi penerangan, pemasangan, perakitan, cara merangkai, membaca gambar dan berbagai pelatihan dasar kelistrikan lainnnya. “Bagi peserta yang lulus dalam pelatihan ini kita harapkan nanti dapat meneruskan ke tingkat lanjutan,” sela instruktur pelatih kelistrikan di BLK Pemprov Kepri, Syafiq.  
Menurut Syuzarlis, pihaknya memberikan berbagai pelatihan keterampilan lainnya seperti komputer, otomotif, bubut, menjahit, elektronik dan lainnya termasuk bidang perkebunan dan perikanan. 
Dalam pelatihan di bidang teori dasar listrik ini misalnya juga diberi penilaian berbasis kompetensi sehingga peserta nantinya menjadi pekerja yang ahli dan dapat dihandalkan dapat membuka lapangan kerja baru dan menjadi orang yang dapat memotivasi orang lain, juga mempunyai sikap jujur bertanggung jawab dan siap dalam menghadapi era global MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini. (arn,sr)

Kategori: LINGGA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: info BLK di lingga