TUNGGU 9 MEI INI, PANAMA PAPERS DIUNGKAP DI PUBLIK

image

(LINGGA POS) – Panama Papers bakal diungkap di publilk pada Senin (9/5-2016). Demikian dikatakan Konsursium Wartawan Investigatif Internasional (ICIJ) agar warga dunia tahu bagaimana orang-orang terkaya dan berkuasa di dunia menyembunyikan aset mereka. Database searchable (bisa dicari) meliputi informasi mengenai lebih dari 200 ribu perusahbn, trust, yayasan dan fund (pengelola dana) yang tergabung di 21 surga pajak dari Hong Kong – Nevada di Amerika Serikat.    Awal April lalu, sekitar 11 juta dokumen yang dimiliki firma hukum Panama Mossack Fonseca dibocorkan oleh surat kabar Jerman Zeitung.
Surat kabar itu kemudian membagi informasi ini kepada ICIJ yang terdiri dari 107 organisasi media dari 78 negara, yang salah satunya majalah Tempo dari Indonesia mendapat akses itu. Organisasi-organisasi media itu menginvestigasi dokumen setebal 28 ribu halaman, yang juga mengungkapkan pelanggaran pajak gila-gilaan oleh 340 perusahaan.  

KORBAN BERJATUHAN. 
Skandal ini telah membawa korban, mundurnya Menteri Perindustrian Spanyol, Jose Manuel Soria dan Perdana Menteri Irlandia Sigmund David Guunlaugsson. Di Luxembourg, dua pegawai perusahaan audit PwC — Antoine Deltour dan Raphael Halet — dan wartawan Edouard Perrin karena tuduhan membocorkan ribuan data yang mengekspos skandal itu, demikian laman Business Insider.   
Di Indonesia, nama-nama pengusaha besar juga termasuk dalam data Panama Papers, sebut saja Menkopolhukan Luhut Panjaitan, Ketua BPK Harry Azhar Aziz, Sandiaga Uno, pengusaha yang juga berencana masuk di bursa calon Gubernur DKI Jakarta serta banyak lagi nama lainnya. Nah, kita tunggu saja rilisnya di 9 Mei depan. (ph/bc)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: