LINGGA SIAPKAN 33 QORI & QORIAH DI AJANG MTQ KEPRI VI

image

Daik, LINGGA POS – Kabupaten Lingga menyiapkan sebanyak 33 Qori dan Qoriah untuk disertakan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri VI tahun 2016 yang akan berlangsung di Kota Tanjungpinang pada akhir Mei ini. Sejatinya MTQ VI ini Lingga ditunjuk sebagai tuan rumah, namun mengundurkan diri dan kemudian Kota Tanjungpinang ditunjuk sebagai pihak penyelenggara. Saat ini ke 33 Qori dan Qoriah asal Lingga sedang menjalani secara intensif training center (TC) di Kota Batam sejak tengah bulan April lalu.
Diharapkan nantinya Lingga dapat meraih juara setidaknya di beberapa cabang yang dilombakan seperti tartil, tilawah, syarhil, fahmil, MMQ, khat Al Quran, qira’ah Saba’ah, hifzil Quran 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz. Ke 33 Qori dan Qoriah itu terdiri dari kategori anak-anak, remaja dan dewasa. “Lingga memang tidak ikut di hifzil Quran 30 juz karena tidak memiliki peserta. Para kafilah Lingga nantinya akan langsung menuju Kota Tanjungpinang pada 20 Mei 2016,” ujar Kabag Kesra Pemkab Lingga Jaya Atmajaria, Minggu (8/5). Pihaknya, lanjut dia telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menyukseskan MTQ tingkat Provinsi Kepri VI, di jajaran Pemkab Lingga seperti  Dishubkominfo, Dinas PU, Disdikpora, Disperindag serta dari kalangan mahasiswa asal Lingga di Kota Tanjungpinang.   
Seperti diketahui, nantinya para juara di MTQ Tingkat Provinsi Kepri VI ini akan disertakan ke MTQ Nasional XXVI di Mataram, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 30 Juli – 6 Agustus 2016. NTB pernah menjadi tuan rumah di ajang ini pada 1973 lalu. Sementara pada MTQ Nasional XXV tahun 2014 yang berlangsung di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, menempatkan Kepulauan Riau sebagai juara umum. (ph,af)

Kategori: KEPRI, LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: