INI BENIH PADI UNGUL, ARIZE H644 GOLD

image

Jakarta, LINGGA POS – Benih pada hibrida Arize H6444 Gold dari Bayer, diklaim dapat memberikan hasil panen 20 persen – 35 persen lebih banyak dari biasanya. Selain itu, padi jenis pertama yang tersedia di Indonesia ini memiliki perlindungan kuat terhadap Bacterial Leaf Bli (BLB) atau penyakit padi yang menyebabkan kerusakan panen, terutama di musim hujan. “Benih pada hibrida Arize H644 Gold yang aromatik ini juga menawarkan keuntungan sebesar 25 persen hingga 35 persen lebih banyak dari varietas penyerbukan terbuka yang ada,” ungkap Country Head Bayer Crop Science Division Malaysia dan Indonesia, Mohan Babu. Menurut dia, dalam kasus serangan BLB peningkatan hasil panen juga sangat signifikan dibanding inbrida tradisiomal atau varietas hibrida lainnya.   
Dalam siaran pers, Minggu (22/5-2016), Mohan juga menyampaikan bahwa BLB memengaruhi lebih dari 7 juta hektare tanah pertanian per tahun. Penyakit ini menyebabkan bibit menjadi layu, menguning dan dan mengering sehingga panen berpotensi berkurang antara 20 persen hingga 60 persen.
Bahkan, bukan hanya BLB saja, sektor pertanian  saat ini juga mengalami tantangan lain seperti keterbatasan lahan bercocok tanam, dan atau kondisi cuaca yang ekstrim akibat adanya perubahan iklim, volatilitas pasar, kurangnya tenaga kerja dan SDM lainnya.    Sementara, Head of Seeds Divisi Crop Scienci Bayer Asia Pasifik, Amit Trikha memaparkan Indonesia  merupakan negara berkembang ke-3 terbesar di dunia dengan 13 juta hektare lahan sawah. Tantangan utama ke depan, ialah meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan domestik. “Peningkatan hasil panen padi adalah salah satu hal penting dari tantangan utama di Indonesia. Peningkatan kapasitas produksi ini diprioritaskan guna menjawab kebutuhan pangan,” pungkasnya. (ph/bc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: bibit padi arize h6444, Padi h644, bibit padi unggul arive 644 gold, www varietas arize padi sawah com, padi A 644