UI PERINGKAT 67 KAMPUS TERBAIK SE-ASIA

image

Jakarta, LINGGA POS – Universitas Indonesia (UI) Jakarta, saat ini melesat naik 12 poin dalam jajaran TOP 100 universitas se-Asia atau berada diperingkat 67. Di banding 2015, perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia ini berada diperingkat 79.     Pemeringkatan tersebut berdasarkan penilaian yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia, Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016, terhadap lebih dari 350 perguruan tinggi di Asia yang dirilis Selasa (14/6). 
Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, pemeringkatan itu bukanlah tujuan utama yang dikejar sebuah institusi pendidikan. “Peningkatan kualitas salah satunya dapat dilakukan dengan memenuhi parameter-parameter yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan universitas di dunia,” ujarnya.
Berdasarkan hasil kalkulasi yang dilakukan tim QS, UI unggul pada Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing di UI, serta Kegiatan Belajar-Mengajar di setiap fakultas. Indikator lainnya adalah terdapat peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal yang hingga mencapai angka 20 persen, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di tingkat universitas maupun fakultas serta tata kelola organisasi yang mencakup bidang budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik. (dm/rol)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: