1.403 PULAU DI KEPRI BELUM BERPENGHUNI

Tanjungpinang, LINGGA POS – Dari sebanyak 1.976 pulau yang ada di Kepulauan Riau (Kepri) — 5 kabupaten dan 2 kota — masih ada 1.403 pulau yang tidak berpenghuni karena terlalu jauh berada dari pusat pemerintahan dan tidak ada sumber kehidupan.

image

Menurut Kepala Biro Administrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, Masni sebanyak 394 pulau yang dihuni warga dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah, terutama warga yang tinggal di kawasan perbatasan. “Banyak faktor yang menyebabkan pulau-pulau itu belum berpenghuni antara lain karena belum ada fasilitas umum, jauh dari pusat perkotaan, tidak ada sumber air bersih, tidak ada listrik,” kata Masni di Tanjungpinang, Selasa (14/6) dirilis dari Republika.    
Ia mengemukakan, sejatinya pembangunan di Kepri memang sangat sulit dilakukan secara merata lantaran membutuhkan anggaran yang besar. Meskipun akunya, pemerintah secara perlahan-lahan mengambil kebijakan untuk memperhatikan warga yang tinggal di pulau-pulau. Misalnya dengan membangun sarana air bersih, penyediaan tenaga medis dan sarana kesehatan terapung, dan sarana transportasi laut yang memadai.    
Lanjut dia, pemerintah sejak beberapa tahun terakhir mendesak PT PLN agar dapat melayani kebutuhan penerangan bagi warga yang tinggal di pulau-pulau, utamanya sejumlah pulau yang berada di perbatasan. Pulau-pulau terdepan itu mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat dan Pemda terkait pengawasan dan pengamanan di wilayah NKRI, termasuk pulau-pulau yang tidak berpenghuni yang mendapat pengawasan kiusus dari instansi terkait. (ph/bh,rol)

Kategori: KEPRI Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: