ASAL, MACAM JENIS & KHASIAT KURMA

(LINGGA POS) – Kurma makanan paling favorit di bulan suci Ramadan. Banyak kaum Muslim di seluruh dunia berbuka puasa dengan menyantap buah kurma — buah berbentuk oval berasa manis, legit — mengandung vitamin dan mineral. Tambahan lagi, bagi seorang Muslim makan buah kurma ketika akan membatalkan puasa sehari penuh adalah bagian dari sunnah Rasulullah Saw.   
Seperti dilansir Aljazeera, dari data UN Food and Agriculture Organization (FAO) di 2012 saja, negara-negara penghasil kurma itu terbanyak di Mesir dengan produksi sekitar 1.470.000 ton, di susul Iran 1.066.000 ton, Arab Saudi 1 050.000 ton, Aljazair 789.000 ton, Pakistan 600.000 ton, Uni Emirat Arab 250.000 ton dan Tunisia 190.000 ton. Laporan dari Saudi Gazette, Juli 2014 lalu, wakil Menteri Pertanian Dr Khalid Al- Fahaid mengatakan hasil produksi kurma Arab Saudi mencapai 1,1 juta ton yang dihasilkan dari lahan pertanian negara itu yang mencapai luas 157.000 dengan jumlah pohon lebih dari 25 juta. Menurut Khalid, Kementerian Pertanian Arab Saudi telah mempublikasikan buku tentang sekitar 160 macam kurma terkenal yang diproduksi oleh negara itu.    

image

MACAM/JENIS KURMA. 
Kurma populer yang dihasilkan Arab Saudi yakni kurma Ajwa (yang disebut juga kurma Nabi) sangat terkenal dan diminati kaum Muslim. Di Arab Saudi saja harganya bisa mencapai 100 rial per kilogram saat ini. Lalu ada juga kurma Deglet Noor, Amer Hajj, Mozafati, Halawi, Umel Khashab, Thoory, Zaghloul, Sekkeri dan Saidy.    
Seperti kita ketahui, kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) atau phoenix dactylitera (latin) yang berbuah dan boleh dikosumsi dalam keadaan masak maupun mentah. Di pasaran dunia, buah kurma yang matang terbagi menjadi 4 kategori, yaitu imri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut) dan tamr (matang dikeringkan dengan bantuan matahari).     

KHASIAT KURMA. 
Khasiat buah kurma sangat banyak bagi kesehatan kita, antara lain jika dimakan secara teratur dapat terhindar dari kanker dan penyakit jantung; mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus; membantu melindungh selaput lendir usus; melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi; antioksidan yang yang dikenal sebagai tanin yang bersifat anti infeksi, anti implamasi dan anti hemoragik; baik untuk kesehatan mata; menjaga agar tetap sehat; melindungi dari kanker paru-paru mulut; sebagai sumber zat besi yang sangat baik, dan sebagainya.    Sebagai tambahan, kurma Ajwa kebanyakan tumbuh di Kota Madinah, Arab Saudi. Memiliki bentuk yang lebih kecil dan berwarna lebih hitam. Berdasarkan hadist Rasulullah Saw, mengosumsi 7 buah kurma Ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis. “Barangsiapa mengosumsh tujuh buah kurma Ajwa pada pagi hari maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” . (HR Bukhari no. 5769 dan Muslim no. 2047). (hidayatullah)

Kategori: ENTERTAIN Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: