DAHSYATNYA MALAM LAILATUL QADAR, DAPATKAN HAPUSKAN DOSA

(LINGGA POS) – Malam Lailatul Qadar, sering disebut dengan ‘Malam Seribu Bulan”. Islam menerangkan bahwa Allah akan memberikan keutamaan yang sangat besar pada malam itu. Allah Swt akan mengabulkan segala permintaan umatnya apabila berdoa dan shalat pada malam Lailatul Qadar. Sabda Rasulullah, “Barang siapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan muhasabah, dosanya yang telah lalu akan diampuni”.

image

Malam Lailatul Qadar memiliki berkah keutamaan dari Allah. Malam tersebut adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan dimana malaikat Jibril akan turun ke bumi. Berkah malam Lailatul Qadar berlangsung hingga terbit fajar dan segala dosa yang telah dilakukan akan diampuni Allah. Firman-Nya, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan,” (QS Al-Qadr 97 : 3).   
Makna dari seribu bulan di dalam Surah Al-Qadr ialah banyak (tidak dibatasi) sehingga Ia menyebutnya seribu bulan. Semalam dari Lailatul Qadar lebih baik dari pada malam-malam biasanya. Karena malam itu menjadi berkah, dimana Allah menurunkan kitab suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantaraan malaikat Jibril juga pada malam Ramadan. Maka, hal inilah yang disebut malam yang paling berkah dari seribu bulan.  
Hadist riwayat Al-Bukhari, Rasulullah menjelaskan, ampunan dosa akan diberikan kepada umat-Nya yang menghidupkam malam itu, bukan bagi mereka yang melewatkannya dengan begitu saja. Sementara dalam riwayat lain Rasulullah bersabda, “Ramadan telah datang kepada kalian, bulan penuh berkah. Allah telah mewajibkan kalian berpuasa. Pintu-pintu langit akan dibukakan, sedang pintu-pintu neraka akan dikunci dan setan-setan akan dibelenggu oleh Allah. Didalamnya, ada sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang telah diharamkan (untuk meraih malam itu) berarti dia telah diharamkan (dari semua kebaikan),” (Al-Nasa’i). Firman-Nya, “Pada malam itu turun malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,” (QS Al-Qadr 97 : 4). Dan, dalam banyak ayat, Allah menerangkan, jika malaikat turun akan membawa berkah bagi orang-orang yang beriman, memberi azab bagi yang orang-orang yang berdosa. (desi adiati/mdk)

Kategori: SYIAR ISLAM Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: