LINGGA AMAN DARI VAKSIN PALSU

Daik, LINGGA POS – Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Lingga Ignasius Luti mengatakan peredaran vaksin palsu yang marak terjadi di Indonesia, tidak sampai ke Lingga. Hal itu dikarenakan selama ini vaksin yang dipasok Dinkes Lingga berasal dari PT Bio Farma (Persero) yang merupakan perusahaan negara dan terdaftar dalam prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai produsen untuk vaksin virus campak, polio hipatitis B, DTP, TT, DT dan BCG. “Sejauh ini Lingga aman dari peredaran vaksin palsu. Karena itu saya harap masyarakat tidak khawatir dan resah lagi,” kata Luti, di Daik, Selasa (28/6). Lanjut dia, pengadaan dan distribusi vaksin di Lingga dilakukan pemerintah langsung dari PT Bio Farma melalui pihaknya dan bukan dari pihak ketiga (swasta). “Yang banyak terjadi adalah peredaran vaksin palsu tersebut berasal dari pihak swasta,” tambahnya. Aku dia, pihaknya terus mengambil langkah-langkah dan mengawasi produk-produk kesehatan yang masuk dan beredar di wilayah Lingga khususnya, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini seperti adanya obat atau vaksin palsu.

TIP AGAR TERHINDAR DARI VAKSIN PALSU.

Dikutip dari Kompas, vaksionologi dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD, mengatakan orang tua berhak meminta tenaga kesehatan menunjukkan kemasan vaksin, sebelum diberikan pada anaka dan bisa bertanya dari mana asal produksi vaksin yang digunakan. “Memang tidak mudah membedakan vaksin yang asli dengan yang palsu, kecuali uji laboratorium. Beberapa tips yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Lakukan vaksin di rumah sakit besar, rumah sakit dan atau puskesmas pemerintah atau dokter yang sudah dipercaya.
  2. Konfirmasikan kepada dokter tentang kemasan vaksin utamanya jika ada sesuatu yang janggal dengan kemasan, aroma dan warna vaksin yang akan diberikan kepada bayi.
  3. Kemasan vaksin palsu nampak kasar dan ribet stopper (tutup vial) warnanya berbeda dibanding produk PT Bio Farma.
  4. Saran dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dilansir dari Tempo bagi bayi yang diketahui mendapat vaksin palsu dapat diberi vaksin ulang yang akan diberikan secara gratis oleh pemerintah.

(ph/ant,bg,kc)

Kategori: LINGGA, NASIONAL Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: