​ARAB SAUDI ‘KENALKAN GELANG ELEKTRONIK UNTUK JEMAAH HAJI

(LINGGA POS) – Arab Saudi memperkenalkan aplikasi gelang elektronik untu jemaah haji mulai musim haji tahun ini guna menjamin keamanan dan memantau pergerakan kelompok jemaah dan sebagai tindaklanjut terjadinya beberapa peristiwa dan tragedi dalam pelaksanaan ibadah haji seperti berdesakannya para jemaah di Mina dan crane yang jatuh ke dalam Masjidil Haram, Mekah. Dalaw tragedi itu, 769 jemaah haji tewas (terowongan Mina) dan 111 orang lainnya akibat crane jatuh.  
Menurut laporan Saudi Press Agency dikutip dari Aljazeera menyebutkan gelang elektronik tersebut dilengkapi GPS untuk menentukan letak posisi dan lokasi pergerakan setiap jemaah. Dan juga memuat data pribadi jemaah sehingga pemerintah Arab Saudi dapat mengidentifikasi identitas seseorang melalui gelang tahan air ini serta memberikan informasi ke jemaah tentang doa dan pedoman ziarah dalam beberapa bahasa.    

Selain itu pemerintah Arab Saudi juga memasang sekitar 1.000 unit dari sirkuit tertutup di sekitar masjid untuk menentukan pergerakan jemaah. (nh/hc)

Kategori: MANCANEGARA, SYIAR ISLAM Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: