​PEMERINTAH BANGUN TPI TERBESAR SE-ASEAN DI NATUNA, KEPRI 

Jakarta, LINGGA POS – Pemerintah saat ini tengah membangun tempat pelelangan ikan (TPI) terbesar se-ASEAN di Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyusul banyaknya potensi sumberdaya alam di wilayah kepulauan ini. Dengan adanya TPI tersebut nantinya dapat menampung hasil tangkapan nelayan di perairan Natuna dan sekitarnya. “Kita berharap ini bisa jadi pasar pelelangan ikan terbesar di ASEAN. Kalau Saudara ke Tokyo ada fish market, TPI paling besar kebanyakan ikan (itu) dari Indonesia. Tuna-nya dari Maluku, dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Menko Maritim dan Sumberdaya, Rizal Ramli di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat dilansir Detik.com, Rabu (13/7).    

Pihaknya berharap TPI tersebut menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, sehingga para pembeli dari berbagai negara di sekitar Indonesia dapat langsung berburu ikan di Natuna. “Kita akan bikin Natuna jadi TPI terbesar di ASEAN. Jadi orang di Hong Kong, Cina, Thailand mau beli ikan bisa datang langsung ke Natuna,” tambah Rizal.     

DIBANGUN 2 TAHAP.

TPI yang dibangun di Kepulauan Natuna tersebut terletak di Selat Lampa dan akan dibangun dalam dua tahap. Luas areanya seluruhnya mencapai 1.000 meter persegi. “Sedang dibangun di Pulau Natuna di Selat Lampa. Pada tahap pertama 200 ton dan di tahap kedua 3.000 ton. Luasnya mencapai 1.000 meter persegi,” tutup Rizal. (kp)

Kategori: MANCANEGARA, NASIONAL Tags: , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: TPi paling besar