​AGUSTUS DEPAN, PEMERINTAH GANTIKAN RASTRA DENGAN VOUCHER 

 Jakarta, LINGGA POS – Pemerintah akan melakukan ujicoba mengganti beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) — sebelumnya disebut dengan Raskin — dengan voucher. Ujicoba akan dilakukan di beberapa daerah mulai Agustus 2016. Bantuan pangan non tunai itu akan diujicoba setidaknya di 8 kabupaten dan 20 kelurahan/desa di Indonesia, diantaranya di Kota Medan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Makassar.     

Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widanto mengatakan, sasaran pemberian rastra non tunai atau melalui voucher pangan ini disediakan untuk 15 juta rumah tangga sasaran (RTS).     

BARU UNTUK 5.000 RTS.  
Untuk tahap awal ujicoba nanti, lanjut Bambang, akan dilakukan kepada sekitar 5.000 RTS berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikelola Kementerian Sosial. “Data BPS ini diperoleh melalui pencacahan yang dilakukan dari rumah ke rumah. Bukan sampling,” jelas Bambang di situs Sekretariat  Kabinet (Seskab) di Jakarta, Rabu (20/7).     

Untuk pelaksanaan ujicoba ini pemerintah akan melakukan kerjasama dengan lima bank besar di Indonesia diantaranya Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). (mdk/idr)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: