​MISTERI GEN KECERDASAN & IQ MANUSIA

LINGGA POS – Sejumlah penelitian menyebutkan kecerdasan adalah sifat yang diwariskan. Jadi, seperti kebanyakan sifat lainnya, kecerdasan diturunkan dari orang tua. Namun, penelitian yang dilakukan ilmuan psikologi Christopher Chabris mengungkapkan fakta mengejejutkan. Ia menemukan bahwa sebagian besar gen spesifik yang sejak lama dianggap terkait dengan kecerdasan, mungkin tidak mempengaruhi angka IQ (Intelligence Quotient) seseorang. Temuan ini mendekatkan para peneliti pada penemuan gen yang khusus bertujuan menentukan kecerdasan.
Chabris dan David Laibson, ekonom Universitas Harvard, Amerika Serikat, memimpin tim peneliti internasional untuk menganalisis lusinan gen. Mereka menemukan berbagai alat termasuk peranti pengujian kecerdasan dan data genetik. Dalam hampir setiap kasus, para peneliti menemukan bahwa kecerdasan tidak bisa dikaitkan dengan gen spesifik yang diuji. “Kami hanya menemukan satu gen yang di duga berkaitan dengan kecerdasan,” ujar Chabris. “Itu pun berdampak sangat kecil”.

VARIAN GENETIK TERTENTU.

Mereka mempublikasikan temuan ini secara online dalam Jurnal Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science. Hasil tersebut bukan berarti kecerdasan tidak memiliki komponen genetik. Hanya saja, kata Chabris, menemukan kecerdasan gen atau varian genetik tertentu yang mempengaruhi perbedaan dalam kecerdasan merupakan hal yang sangat sulit. Menurut dia, sejumlah penelitian terdahulu tak pernah berhasil menemukan gen kecerdasan. “Keterbatasan teknologi menghalangi peneliti menyelidiki beberapa lokasi dalam genom manusia untuk menentukan kecerdasan,” tambah Chabris.
Berangkat dari kondisi itulah, dia mengatakan, diperlukan penelitian tambahan untuk menemukan gen yang berperan menentukan kecerdasan seseorang. Mungkin saja ada efek genetik lain di luar efek gen tunggal yang turut berpengaruh. (ps/am/tc)

Kategori: IPTEK Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: kecerdasan varian